17 Dec 2020, 03:45Penyakit Lainnya

Apakah kartu kIS yang sudah dinonaktifkan dapat diaktifkan kembali ?

LM
Info Penanya: LM0
Malam, saya ingin bertanya. Jadi sebelum menikah saya punya KIS. Tapi ntah knp smua KIS dari KK ortu saya tiba2 dinonaktifkan. Jika saya mengajukan pengaktifan kembali apakah KIS punya saya bisa ikut diiaktifkan? Untuk informasi saya sudah membuat KK baru dgn suami. Apakah KIS punya saya msih bisa diaktifkan bila sudah berbeda KK?
64026 Views
6 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo L, Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Sudah banyak manfaat KIS yang dapat dirasakan oleh masyarakat terutama masyarakat yang sedang mengalami sakit dengan memerlukan perawatan secara berulang-ulang. Dengan adanya KIS, masyarakat tidak terbebani dalam membayar obat serta pelayanan dokter maupun fasilitas rumah sakit. Kartu KIS juga dapat digunakan baik di fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta yang berkerja sama dengan BPJS. Namun karena sistem yang masih belum sempurna, ada banyak kekurangan dari pelayanan kartu KIS. 

Apakah kartu KIS yang sudah dinonaktifkan dapat diaktifkan kembali ?

Penyebab kartu KIS menjadi non aktif bisa karena tunggakan dari KIS yang tidak dibayarkan, ataupun sistem KIS yang eror, dan perubahan kartu keluarga (KK). Kartu KIS yang non aktif selama kurang dari 6 bulan, dapat diaktifkan secara langsung dengan membayar tunggakan yang ada. Hal ini dapat dilihat dengan mendownload aplikasi BPJS di dalam handphonedan masukkan nama serta nomor anggota KIS Anda.Namun jika ada perubahan dari anggota keluarga maupun perubahan kartu keluarga, sebaiknya Anda datang secara langsung ke kantor BPJS untuk memastikan pengaktifan kembali kartu Anda. Jika Anda menggunakan kartu KIS berbayar secara mandiri, selalu pasang pengingat untuk membayar iuran agar tidak menunggak yang dapat menonaktikan kartu Anda.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
bpjs kesehatanrumah sakitiuran bpjs
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil