Apakah kimchi aman untuk anak berusia 10 tahun?

DM Info Penanya: DM
Sore, dokter. Akhir-akhir ini anak saya sering nonton drama korea dan terus membeli kimchi. Karena rasanya pedas dan asam, apa itu aman untuk anak di usia 10 tahun, dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore DM,

Kimchi adalah makanan khas korea yang dibuat dari sayur yang difermentasikan, dimana yang paling sering dijadikan bahan kimchi adalah sawi putih. Kimchi sendiri juga bisa dibuat dari lobak ataupun timun.

Kandungan nutrisi kimchi

Kimchi sendiri memiliki sejumlah kandungan gizi yang baik seperti:

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Mineral seperti kalsium, sodium, serta serat
  • Dan kandungan nutrisi lain seperti karbohidrat.

Kandungan ini yang membuat kimchi bisa memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan juga baik untuk kesehatan mata.

Selain itu dikarenakan kimchi dibuat dengan cara difermentasikan, kimchi juga memiliki manfaat sebagai probiotik yang bisa membantu melancarkan pencernaan.

Kimchi juga merupakan makanan yang rendah kalori dan tidak memiliki kandungan lemak sehingga bisa baik untuk menjaga berat badan.

Apabila akan memberikan pada anak, perlu perhatikan rasa kimchi agar tidak terlalu asam dan juga berikan dengan porsi secukupnya sebagai pelengkap makanan. Kimchi sendiir bisa Anda buat dengan resep yang mudah didapatkan bahan-bahannya ataupun membeli yang sudah jadi misalnya pada penyedia makanan khas korea. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Acai berry memiliki banyak manfaat, salah satunya menurunkan berat badan.

Acai Berry, Buah Asli Amerika Selatan yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Acai berry adalah buah yang menyerupai anggur dan berasal dari Amerika Selatan. Dalam dunia medis, acai berry memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan.