27 Sep 2021, 18:11Kulit & Kelamin

Sering berhubungan intim apakah menyebabkan vagina menjadi longgar ?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 21 Tahun
Dok, banyak yang bilang seringnya berhubungan intim menyebabkan vagina menjadi longgar. Apa itu benar? Kalau benar, apa penyebabnya dok? Bagaimana cara agar vagina tetap kencang ?
491 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, Sl.Hubungan intim adalah salah satu penentu kebahagiaan dalam rumah tangga. Rutin melakukan hubungan intim membuat rumah tangga semakin harmonis dan bahagia. Hubungan intim juga sebagai jalan mendapat keturunan dan membuat tubuh jauh lebih sehat.

Apakah sering berhubungan intim menyebabkan vagina menjadi longgar ?

Sering berhubungan intim tidak menyebabkan vagina menjadi longgar karena otot vagina elastis, dapat membuka dengan lebar termasuk saat hubungan intim, menggunakan sex toys dan vagina akan kembali ke bentuk semula. Namun otot-otot vagina juga dapat menjadi longgar seiring bertambah usia dan menjalani persalinan pervaginam. Saat seorang wanita bertambah usia maka elastisitas otot akan menurun sehingga vagina terasa lebih longgar terutama pada wanita menopause. Ini dapat diperparah dengan penurunan hormon esterogen di tubuh. Persalinan pervaginam dapat merusak jaringan dan otot vagina. Begitu pula jaitan pada vagina dapat menimbulkan parut sehingga elastisitas vagina berkurang.

Bagaimana cara agar vagina tetap kencang ?

Beberapa cara agar vagina tetap kencang antara lain :
  • Menggunakan vaginal cone dimana tujuan penggunaan untuk memperkuat otot-otot vagina sehingga vagina terasa lebih kencang. 
  • Rutin melakukan senam kegel.
Namun jika setelah menggunakan cara di atas vagina tetap terasa longgar, Anda tidak merasakan kenikmatan berhubungan intim, maka lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tips sekskesehatan vaginakepuasan seksual
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil