Apakah keterlambatan haid berbahaya? Apakah kira-kira penyebab dari keterlambatan itu?

KT Info Penanya: KT, Wanita, 21 Tahun
Dok saya mau nnya, apakah keterlambatan haid itu bhya? Dan kira2 apa sebab dri keterlambatan itu, tpi tdak hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, KT

Siklus haid itu banyak dikaitkan dengan siklus ovulasi (pematangan sel telur). Sehingga gangguan pada siklus haid bisa menjadi penyebab wanita tidak subur. Bila gangguan siklus haidnya karena ada gangguan di organ kandungan seperti kista di ovarium (indung telur), sumbatan saluran tuba falopii, myoma di uterus (rahim) atau endometriosis maka semua itu bisa didiagnosa dengan dokter spesialis kandungan dengan menggunakan USG dan pemeriksaan lainnya.

Tapi gangguan haid juga bisa disebabkan banyak faktor secara fisik dan emosional. Karena erat kaitannya dengan hormon jadi kondisi psikis perempuan juga berpengaruh. Misalnya bila sedang stres, cemas atau depresi biasanya mens tidak teratur. Kalau sedang letih, kurang istirahat, aktivitas berat atau olahraga berlebih juga bisa mengakibatkan mens tidak teratur. Begitu juga jika berat badan kurang atau berlebih.

Kapan mens disebut tidak normal, jika 3 kali berturut-turut tidak datang bulan. Jika jarak antar mens kurang/lebih dari 3-5 minggu. Jika nyeri/darah lebih dari biasanya atau ada demam. Maka Anda perlu memeriksakan diri ke Dokter. Saya lampirkan artikel mengenai penyebab telat haid tapi tidak hamil yang bisa Anda baca.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh KA
08 Oct 2019, 21:01
Bulan terkahir kmaren saat saya terKhir haid normal, namun setelah haid pda waktu itu selang 4-5 hari tiba2 muncul flek kecoklat2an tpi tdak berbau dok,dan flek itu terjadi sekitar 4hari an, apa ini ada hubungannya dok?
Dibalas oleh HF
08 Oct 2019, 23:27
Dok saya mau tanya... Kenapa ya haid saya sering terlat tapi nga hamil.. Terus haid saya cuma 3hari kalo orang "minimal haid 1minggu... Kenapa ya dok?

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil tapi haid tidak mungkin terjadi

Hamil tapi Haid, Mungkinkah Terjadi?

Ada sebagian orang yang merasa dirinya mengalami haid saat hamil. Ketika hamil, vagina memang dapat mengeluarkan darah dari vagina. Namun, hamil tapi haid itu sebenarnya tidak mungkin terjadi.