Apakah kertas minyak aman digunakan?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Sore dokter, kulit saya cenderung berminyak dan berpori-pori besar. Kadang saking banyaknya minyak di area t-zone saya sering mengaplikasikan kertas minyak. Apa ini aman dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kulit berminyak merupakan suatu keadaan dimana kelenjar minyak menghasilkan lebih banyak minyak dalam kulit sehingga kulit terlihat lebih berminyak dan mengkilap. Minyak di wajah sebenarnya berfungsi sebagai untuk melembabkan wajah. Namun jika berlebihan akan menimbulkan masalah kulit seperti jerawat.

Penyebabnya bisa karena genetik, faktor usia, gangguan hormon, lingkungan yang lembab, pori-pori kulit yang besar, konsumsi makanan tertentu seperti susu, stress, dan kurang menjaga kebersihan kulit.

Beberapa orang mengklaim bahwa kulit berminyak, bisa dihilangkan dengan kertas minyak. Kertas minyak bisa membantu mengurangi minyak diwajah, namun bukan sebagai mengatasi masalah utama. Beberapa dampak penggunaan kertas minyak adalah memicu timbulnya komedo dan jerawat dan dapat menimbulkan iritasi.

Untuk mengatasi masalah kulit berminyak beberapa tips yang dapat dilakukan :

  • Rutin cuci muka minimal 2 kali sehari
  • Gunakan makeup yang tidak mengandung minyak
  • Konsumsi makanan bergizi perbanyak sayur dan buah, hindari makanan berminyak dan berlemak
  • Perbanyak minum air putih, hindari kafein, soda dan alkohol
  • Kelola stress dengan baik
  • Terapkan pola hidup sehat

Jika dengan cara diatas keluhan kulit berminyak Anda belum membaik, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai kandungan skincare yang tidak boleh digunakan bersamaan karena dapat mengurangi khasiat masing-masing zat aktifnya

Wajib Tahu, Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dicampur

Ada berbagai kandungan skincare yang tidak boleh dicampur karena dapat mengurangi khasiat masing-masing zat aktifnya. Misalnya, retinol dan AHA/BHA atau retinol dengan benzoil peroksida.