Apakah keramas mempengaruhi haid?

TS Info Penanya: TS
Dok mau tanya klo sedang haid udah lima hari pas paginya masih ada darah kaya berwarna coklat terus sorenya sehabis mandi udah tidak ada lagi darah apakah itu baik baik saja apa karena saya keramas, tolong jelaskan dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TS,

Siklus haid pada wanita pada umumnya akan berlangsung dalam 28 hari, namun bila berlangsung dalam 21-45 hari masih dianggap hal yang wajar. Sedangkan durasi haid berkisar antara 3-5 hari, tetapi bila berlangsung selama 2-7 hari juga masih normal. Banyak mitos yang berkembang di masyarakat seputar haid seperti keramas akan menghentikan haid, atau dilarang minum air es ketika haid karena akan menyebabkan darah jadi membeku, dimana dari segi medis semuanya itu tidak ada kaitannya dengan siklus haid.

Yang perlu diperhatikan agar siklus haid teratur dan lancar adalah memperbanyak konsumsi sayur dan buah, jaga berat badan seideal mungkin, lakukan olahraga secara teratur.

Bila suatu saat Anda mengalami gangguan siklus haid, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pubertas dini atau masa pubertas yang terjadi lebih cepat memiliki penyebab, faktor dan dampak

Pubertas Dini pada Anak-anak, Dampak Apa Saja yang Akan Menyerang?

Pubertas dini atau masa pubertas yang terjadi lebih cepat memiliki penyebab, faktor dan dampak bagi yang mengalaminya. Salah satu penyebab dari pubertas dini, yaitu karena adanya cedera pada otak yang mengganggu keseimbangan hormon dan tumor.