Bagaimana perbedaan gejala Covid-19 dengan Tipes?

I Info Penanya: I, Pria, 34 Tahun
Sore Dok, saya batuk sudah 14 hari kadang batuk kering kadang berdahak, tenggorokan pun kurang nyaman, kadang agak sesak juga...tp hasil Rotgen Paru Paru saya Normal tidak ada flek ataupun cairan, dan 2 dokter yang periksa saya pake stetoskop pun bilang bagus...1 bulan yang lalu saya positif Types, tp skrg sudah tinggal gejala Types saja...Apakah ada kemungkinan bisa Codiv-19..?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi I,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Selain Covid-19 yang menjadi pandemi global, ada beberapa penyakit yang identik dengan musim hujan di Indonesia. Antara lain tipes yang kerap hadir saat musim hujan. Berdasarkan penyebabnya infeksi tipes berasal dari bakteri Salmonella typhi yang berasal dari makanan yang tercemar bakteri tersebut. Sedangkan Covid-19 berasal dari virus yang menyerang pernapasan.

Berdasarkan gejalanya gejala tipes akan menampakan gejala :

  • Demam tinggi sekitar 39-40 C
  • Sakit kepala
  • Sakit perut dan kehilangan nafsu makan
  • Batuk
  • Diare pada beberapa kasus

Sedangkan gejala covid :

  • Demam dengan suhu sekitar 38
  • Batuk
  • Sesak napas

Berdasarkan gejala diatas ada kesamaan gejala tipes dengan covid yaitu terkait dengan demam dan batuk. Untuk itu untuk sekarang sebaiknya tetap isolasi di rumah, jika terpaksa harus keluar sebaiknya gunakan masker, menjaga kontak dengan orang lain, menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makakanan bergizi. Jika keluhan semakin memburuk sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter atau hubungi 119 ext 9.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintik merah pada kulit bayi tidak hanya muncul karena ruam popok.

Bintik Merah pada Kulit Bayi, Apa Penyebabnya?

Bintik merah pada kulit bayi tak hanya disebabkan oleh ruam popok. Pemberian jenis makanan baru pada bayi juga dapat menyebabkan bintik merah pada kulit bayi karena dapat meningkatkan frekuensi buang air besar.