Apakah kecanduan makan nugget pisang termasuk gangguan mental?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, saya selama dua bulan ini seperti kecanduan nugget pisang. Setiap malam, pasti saya pesan makanan ini. Apa kecanduan makanan seperti ini merupakan gangguan mental?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Kecanduan makanan adalah kondisi ketika seseorang sangat menginginkan suatu makanan, atau ingin mengonsumsinya secara berulang dan terus-menerus. Salah satu makanan yang sering membuat 'kecanduan' adalah makanan dengan rasa manis, seperti nugget pisang.

Jika dilihat dari sisi medis, makanan manis memang terbukti bisa memicu produksi hormon dopamin, yaitu hormon yang menimbulkan rasa bahagia. Jadi, seseorang ingin mengulang mengalami perasaan bahagia itu, yang bisa didapatkan dari makanan.

Nah, menurut pedoman diagnostik psikiatri atau DSM-V, kecanduan makanan bukan merupakan suatu gangguan mental. Tetapi, kecanduan makanan memang sebuah kondisi yang sebaiknya ditangani, karena jika dibiarkan berkepanjangan dapat memicu masalah kesehatan tertentu, seperti obesitas atau diabetes mellitus.

Mengurangi Kecanduan Makan Nugget Pisang

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencoba mengurangi kecanduan nugget pisang tersebut perlahan-lahan. Berikut beberapa caranya:

  • Minum dua gelas air putih ketika menginginkan makan nugget pisang, sehingga akan merasa lebih kenyang
  • Mengonsumsi makanan manis lainnya yang lebih sehat, seperti buah pisang yang tidak diolah atau buah lainnya (apel, nanas madu, anggur, dan sebagainya)
  • Memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh agar kondisi hormon lebih seimbang
  • Melakukan aktivitas selain makan yang juga memicu produksi hormon dopamin, seperti berolahraga, mendengarkan musik gembira, atau berhubungan intim

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ikan laut berpotensi memiliki kandungan merkuri tinggi

Hindari Jenis Ikan ini untuk Cegah Keracunan Merkuri

Zat merkuri bisa datang dalam bentuk apa saja, termasuk lewat makanan yang terkontaminasi merkuri. Makanan laut seperti ikan tertentu bisa menjadi penyebab keracunan merkuri. Ada beberapa jenis ikan yang diduga berisiko memiliki kandungan merkuri yang tinggi.