Apakah KB mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak pada wanita sedang menyusui ?

AN* Info Penanya: AN*
Saya punya baby baru berusia 5 bulan. Sejak tanggal 30 April 2019 lalu Saya sudah menstruasi dan sampai sekarang teratur setiap akhir bulan saya menstruasi . Tapi sebenernya saya belum melakukan kb apapun pasca melahirkan dok . Saya ingin kb tapi kata orang kenapa tidak dari awal setelah melahirkan kalo sekarang bakal mempengaruhi perkembangan anak saya karna saya memberi ASI eksklusif. Menurut dokter apa bisa saya ber KB tanpa mempengaruhi anak saya yg sudah 5 bulan . Atau lebih baik tidak KB apapun .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MM.

Untuk menunda kehamilan banyak jenis kontrasepsi yang dapat digunakan, seperti pil, suntik, implan maupun alat kontrasepsi dalam rahim. Menyusui sendiri merupakan KB alamiah. Penggunaan KB tidak berdampak kepada pertumbuhan dan perkembangan pada bayi. Namun penggunaan KB tertentu berpengaruh pada produksi asi, sebaiknya jika ingin memilih menggunakan KB, terlebih dahulu konsultasikan dengan dokter atau bidan.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab sulit hamil dapat datang dari wanita maupun pria.

Cara Tangani Infertilitas untuk Bantu Dapatkan Momongan

Infertilitas kerap menjadi penyebab pasangan kesulitan mendapatkan momongan. Berikut 5 terapi kesuburan yang dapat membantu menangani kondisi ini.