Apakah kanker tiroid dapat menyebar?

IF Info Penanya: IF, Wanita, 2020 Tahun
Siang dokter:saya menderita kanker tiroid sdh setengah tahun sy pasca operasi di angkat 1 trs suara saya masih serak dan sekarang tiap hari keluar dahak dr tenggorokan obat terapi sy eutyrok , seperti apakah tanda kanker tiroid sdh menyebar walaupun sdh di operasi?trmksh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, I.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kanker tiroid adalah penyakit yang disebabkan karena sel abnormal yang bertumbuh pesat dan menyerang kelenjar tiroid yang dimana kelenjar tersebut berfungsi menghasilkan hormon untuk kerja jantung, suhu badan, berat badan, dan juga tekanan darah. Biasanya pada tahap awal, belum muncul gejala yang menunjukan ke arah kanker tiroid. Pada tahap berikutnya, maka akan ditemukan gejala seperti benjolan pada leher, suara bertambah serak, sulit menelan, nyeri pada leher atau tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Faktor yang bisa meningkatkan resiko kanker tiroid ada beberapa seperti:

Faktor risiko kanker tiroid adalah rata-rata terjadi pada kaum wanita, orang yang sering terkena paparan radiasi, mempunyai sindrom tertentu yang diwariskan dari keluarga, berat badan yang berlebih. Untuk mendiagnosis kanker tiroid dibutuhkan pemeriksaan-pemeriksaan seperti tes fungsi tiroid, CT scan, USG, sitologi aspirasi jarum halus. Sama juga halnya dengan mengetahui apakah sel kanker tiroid ini sudah menyebar atau tidak. Itu dibutuhkan pemeriksaan-pemeriksaan lanjutan seperti tes lab darah dan tes pemindaian (USG, CT Scan) secara berkala.

Biasanya kanker tiroid yang sudah dioperasi bisa muncul kembali karena sel-sel kanker sudah menyebar ke luar dari kelenjar tiroid. Kemunculan kembali kanker kelenjar tiroid ini dikarenakan masih terdapat sisa sel kanker dari bekas operasi dan bisa juga muncul pada bagian kelenjar getah bening karena sel kanker sudah menyebar. Untuk memastikannya apakah kanker tiroid Anda suda menyebar atau tidak, saya sarankan Anda untuk kembali memeriksakan diri ke dokter penyakit dalam agar dapat diperiksa lebih lengkap.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala kanker serviks umumnya baru akan muncul saat kanker mulai menyebar ke jaringan di sekitarnya

Kenali Gejala Kanker Serviks Berikut Ini, Sebelum Terlambat

Kanker serviks merupakan jenis kanker yang ditakuti wanita. Upaya pencegahannya dapat dilakukan dengan mengetahui beberapa gejala kanker serviks yang umum terjadi, misalnya perdarahandi luar masa menstruasi.