Apakah kanker merupakan penyakit menular?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
dokter. saya sudah menikah 6 bulan dan suami saya tidak tau kalo saya punya kanker serviks. apakah penyakit ini bisa menular? tandanya apa? mohon infonya terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L, 

Kanker serviks pada wanita sebagian besar memang disebabkan oleh infeksi HPV (Human Papilloma Virus) selain faktor risiko lain seperti merokok, klamidia, berhubungan seksual dibawah usia 17 tahun. Kanker serviks ini sering menimbulkan gejala nyeri ketika berhubungan seksual, keluar darah ketika berhubungan seksual, perdarahan diluar siklus haid, nyeri pada panggul, dll.

Kanker merupakan pertumbuhan sel yang abnormal di dalam tubuh. Karena kanker lebih sering dikaitkan dengan daya tahan tubuh seseorang, maka tentunya sel kanker ini tidak menular, namun lebih kearah diturunkan secara genetik. Bila di dalam garis keturunan ada yang menderita kanker, maka seseorang memiliki risiko lebih besar untuk menderita kanker, namun bukan berarti orang tersebut pasti menderita kanker.

Perihal kanker serviks yang kebanyakan disebabkan oleh HPV, maka virus tersebut dapat menular ke suami. Infeksi HPV pada laki-laki dapat menimbulkan tumbuhnya kutil kelamin, dan meningkatkan risiko terjadinya kanker penis. Sehingga sebaiknya suami Anda melakukan vaksinasi HPV di klinik vaksinasi atau Rumah Sakit untuk mengurangi risiko terjadinya kutil kelamin atau kanker penis.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri-ciri kanker vagina ditandai dengan pendarahan

Ciri-Ciri Kanker Vagina: Deteksi Dini dan Pencegahan

Ciri-ciri kanker vagina berbeda dengan kanker serviks. Kanker vagina biasanya muncul pada bagian saluran yang menghubungkan rahim dengan bagian luar vagina.