Apakah jika telat haid itu menandakan hamil?

N Info Penanya: N
Dok sya bulan lalu dtg bulan tgl 17. Bulan ini tgl 16 sy berhubungan intim dan dikeluarin di dalem. Skrg sudah telat 5 hari sy dtg bulan. Apakah ada kemungkinan hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, N.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Menstruasi normalnya datang tiap 21 hingga 35 hari sekali. Jika Anda tidak menstruasi lebih dari 35 hari, bisa dikatakan Anda mengalami keterlambatan haid, dan masa subur wanita biasanya di hari ke 15 pada siklus menstruasi 28 hari. Kehamilan merupakan salah satu penyebab utama dari haid yang terlambat,  apalagi jika Anda memang melakukan hubungan seksual sebelum datang bulan. Ketika Anda melakukan hubungan seksual, biasanya akan terjadi pembuahan 3-7 hari setelah berhubungan intim.

Tetapi ada beberapa hal penyebab terlambatnya menstruasi:

  • Penggunaan alat KB
  • Stres
  • Kelelahan
  • Terlalu kurus atau gemuk
  • PCOS (polycystic ovary syndrome)
  • Perimenopause dini
  • Gangguan pada kelenjar tiroid

Untuk memastikan Anda hamil atau tidak, Anda bisa melakukan cek urine dengan alat tes kehamilan (test pack) 3-4 minggu setelah hari pertama menstruasi Anda. Jika positif, Anda bisa segera konsultasi ke diri ke dokter kandungan untuk diperiksa lebih lanjut. Tapi jika hasilnya negatif, bisa dipertimbangkan penyebab keterlambatan haid Anda seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.