27 Feb 2021, 23:18Kandungan

Apakah jika lupa minum pil KB sehari bisa hamil?

YS
Info Penanya: YS0
Halo dok, saya mau tanya saya kan kemaren lupa minum pil kb dan kebetulan suami saya pulang kerja dari luar kota hari ini jadinya sebelum berhubungan saya minum pil kb, apakah akan kemungkinan untuk hamil?
1188 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang YS,Pemakaian pil KB sangat praktis digunakan namun seringkali terlupa untuk minum pil karena pil ini perlu diminum setiap hari di jam yang sama. Namun bila Anda hanya melewatkan jadwal minum pil KB sehari saja maka seharusnya tidak masalah, dan meski Anda berhubungan seksual maka kemungkinan kecil sekali atau hampir tidak mungkin terjadi kehamilan, sehingga Anda tidak perlu cemas.

Namun untuk selanjutnya bila Anda sampai melewatkan jadwal minum pil KB, maka yang perlu Anda perhatikan adalah:

  • Bila Anda terlewat kurang dari 12 jam, maka segera minum pil KBnya begitu Anda ingat dan keesokan harinya sama seperti jam jadwal minum pil KB Anda.
  • Bila Anda terlewat 12-24 jam, maka segera minum pil KBnya sekaligus 2 tablet. Untuk keesokan harinya mengikuti jadwal semula.
  • Bila Anda terlewat lebih dari 24 jam, maka segera minum pil KBnya begitu Anda ingat dan keesokan harinya sama seperti jam jadwal minum pil KB Anda.
Bila Anda kurang yakin maka pasangan Anda bisa menggunakan kondom ketika berhubungan seksual agar tidak cemas takut hamil.Salam sehat,dr. Vina
hubungan seksualhamilpenggunaan kb
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil