02 Oct 2021, 12:50Kandungan

Apakah jika ibu hamil lapar apakah janin juga lapar?

B
Info Penanya: B0
Dokter, saya hamil 6 bulan dan sering sekali kelaparan. Apakah kalau saya lapar, janin ikutan lapar juga? Lalu, bagaimana cara mengetahui jika janin lapar? Lalu, bagaimana juga cara mengetahui kalau janin sudah kenyang? Kalo janin sampai kelaparan apa dampaknya dok?
134 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lizsa Oktavyanti
(0)
Selamat sore, BLapar adalah tanda bahwa tubuh kita kekurangan asupan makanan. Pada ibu hamil, rasa lapar akan lebih sering terjadi, karena ibu hamil memerlukan asupan makanan jauh lebih banyak dari wanita yang tidak hamil. Asupan makanan yang dimakan oleh ibu hamil berguna untuk ibu dan perkembangan pada janin. Janin makan melalui plasenta, dan asupan plasenta pada bayi didapatkan dari makanan yang dimakan oleh ibunya.Pada ibu hamil yang merasa lapar, belum tentu karena bayinya merasa lapar. Pada kehamilan trimester akhir, akan lebih terasa tanda janin didalam kandungan bila merasa lapar, karena ukuran janin sudah lebih besar, sehingga lebih terasa pergerakan dan perubahannya.

Ciri janin lapar :

  • Pergerakan janin berkurang,
  • Kram, kram saat hamil dapat diartikan sebagai sinyal ibu untuk menambah asupan, namun, bila kram tidak menghilang dan semakin memberat, sebaiknya berkonsultasi lebih jauh ke dokter kandungan,
  • Detak jantung bayi yang melemah ketika sedang melakukan pemeriksaan USG, bila ditemukan detak jantung yang melemah saat USG, bisa jadi karena janin merasa lapar.
Jangan khawatir bila anda selalu merasa lapar ketika hamil, karena hal tersebut merupakan hal yang wajar. Sebaiknya pilihlah makanan selingan atau cemilan yang lebih sehat, seperti susu ibu hamil, ataupun buah-buahan. Hindari makanan yang dilarang saat hamil, seperti makanan mentah pada sushi. Tanda janin kenyang dapat diketahui dengan pergerakannya menjadi seperti biasanya serta tidak ada keluhan kram perut.Dianjurkan untuk rutin memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan, untuk memantau perkembangan janin, dan kesehatan anda.Semoga membantu.Salam sehat,dr. Lizsa
menjaga kehamilankesehatan kandungannutrisi ibu hamil
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil