Apakah jerawat di kemaluan berbahaya ?

DE Info Penanya: DE, Wanita, 21 Tahun
Dok, kalo ada jerawat di kemaluan itu bahaya ga sih, tp jerawatnya tuh aga skit dok .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DE.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Jerawat merupakan peradangan kronis pada folikel rambut yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor penyebab. Jerawat dapat terjadi di berbagai bagian tubuh yang salah satunya adalah bagian intim atau kemaluan.

Namun, selain jerawat, yang dapat tumbuh di daerah kemaluan dan menyerupai jerawat antara lain, seperti :

beberapa keadaan yang disebutkan diatas umumnya tidak membahayakan dan dapat diobati, beberapa keadaan ringan bahkan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun keadaan tertentu seperti kista dan hidradenitis suppurativa perlu penangan lebih lanjut agar dapa mengurangi gejala seperti rasa sakit, mencegah komplikasi.

Walaupun beberapa kondisi medis sulit untuk dicegah, hendaknya Anda senantiasa menjaga kebersihan daerah kewanitaan, hindari pemakaian pengharum khusus daerah kewanitaan dan gunakanlah pakaian dalam yang menyerap keringat dan tidak terlalu ketat. Anda juga dapat secara rutin mengonsumsi probiotik untuk menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam tubuh.

Apanila keluhan tidak kunjung membaik disertai keluhan lainnya dan adanya penambahan jumlah jerawat, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada banyak fakta dan mitos mengenai penis dan ereksi keras

7 Fakta dan Mitos Ereksi Keras dan Penis yang Mencengangkan

Ada banyak mitos dan fakta terkait penis dan ereksi keras yang beredar di masyarakat. Beberapa fakta seperti sejak bayi, laki-laki dapat mengalami ereksi bahkan sejak janin namun hal tersebut disebabkan karena adanya respons alamiah tubuh bukan stimulus seksual.