Apakah jamu memiliki efek samping pada wanita?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
dokter, aku sering minum jamu mungkin setiap 2 sampe 3 hari sekali. kebetulan minggu ini aku engga dirumah jadi engga minum jamu tapi kenapa dari miss v aku jadi sering keputihan sama bau yang engga enak ya apa jamu itu ada efek sampingnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore L,

Keputihan merupakan keadaan dimana keluar cairan berwarna bening dari vagina yang tidak disertai dengan bau dan tidak terasa gatal sebagai usaha tubuh untuk menjaga pH vagina, yang seringkali muncul ketika seorang wanita menjelang haid dan di awal kehamilan.

Sedangkan keputihan yang mengalami perubahan warna menjadi putih susu, kuning kehijauan, abu-abu dan disertai dengan rasa gatal, panas, dan berbau tidak sebab merupakan keputihan yang tidak wajar, dan dapat disebabkan oleh :

  1. Infeksi jamur.
  2. Klamidia.
  3. Trikomoniasis.
  4. Gonore.
  5. Bakterial vaginosis.

Perihal jamu-jamuan, bila berasal dari bahan alami memang memiliki berbagai khasiat sesuai dengan kandungannya masing-masing. Misal bila jamu tersebut mengandung daun sirih, maka bisa memiliki efek anti bakteri yang berguna untuk tubuh. Bila jamu yang Anda minum mengandung temulawak, maka bisa memiliki efek anti peradangan.

Selain mengonsumsi jamu, Anda juga perlu menjaga kebersihan area kelamin dengan cara :
  1. Perbanyak konsumsi air putih, minimal 2 liter per hari.
  2. Basuh dengan arah yang benar dari depan ke belakang, dan selalu keringkan.
  3. Hindari pemakaian celana yang ketat.
  4. Hindari pemakaian sabun pembersih terutama yang mengandung pewangi.
  5. Kurangi makanan yang terlalu manis dan berlemak, termasuk keju.

Bila keputihan yang Anda alami sudah berbau tidak sedap, sebaiknya segera periksa ke dokter kulit dan kelamin untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bawang putih dan tea trea oil diyakini dapat mengatasi infeksi bakteri vagina

7 Cara Mudah untuk Menghilangkan Keputihan Bau Amis

Keputihan bau amis menandakan ada yang tidak normal dalam tubuh Anda. Biasanya, keputihan abnormal disebabkan oleh vaginosis bakteri. 7 cara mudah ini yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan keputihan bau amis.