Apakah Jamsostek/BPJS ketenagakerjaan dapat digunakan untuk persalinan?

AC Info Penanya: AC, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya mau bertanya, saya ini mau melakukan persalinan apakah bisa menggunakan jamsostek
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi A,

Asuransi yang ada di negara kita ada beragam jenis dan layanan yang diberikan, salah satunya adalah yang dikelola oleh pemerintah seperti BPJS. BPJS sendiri saat ini ada BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Untuk BPJS Ketenagakerjaan atau yang dulu disebut Jamsostek merupakan asuransi yang diberikan untuk para tenaga kerja dengan beragam manfaat seperti jaminan kecelakaan kerja, penanganan penyakit akibat kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun. BPJS ketenagakerjaan sendiri tidak dapat digunakan untuk jaminan persalinan.

Untuk penanganan masalah-masalah kesehatan seperti pengobatan, penanganan ibu hamil, masalah kegawatan medis dan lainnya ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Jadi apabila saat ini Anda akan melakukan pemeriksaan kehamilan dan persiapan melahirkan, Anda dapat menggunakan fasilitas yang telah diberikan oleh BPJS Kesehatan apabila memiliki dengan terlebih dahulu mendatangi fasilitas kesehatan tingkat pertama untuk dilakukan pemeriksaan. Apabila nantinya memerlukan penanganan di fasilitas tingkat lanjutan maka akan disesuaikan berdasarkan rujukan yang diberikan secara berjenjang ke fasilitas kesehatan yang lebih tinggi.

Tetap lakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala pada dokter atau bidan agar dapat memonitor perkembangan kesehatan ibu dan juga janin sehingga dapat mempersiapkan persalinan dengan baik dan merencanakan metode persalinan sesuai kondisi Anda nantinya. Semoga bermanfaat.

Salam sehatQ,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rumah sakit berhenti melayani pasien BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan: Saat Pasien Sudah Tidak Dapat Dilayani di Fasilitas Kesehatan

Baru-baru ini masyarakat Indonesia dihebohkan dengan kejadian pemutusan kontrak antara rumah sakit dan klinik dengan BPJS Kesehatan. Konon penyebabnya adalah akreditasi rumah sakit. Simak selengkapnya dalam artikel ini.