08 May 2021, 14:01Kandungan

Apakah penyebab keputihan kekuningan dan berbau?

FG
Info Penanya: FG0
Dok sy sempat tdk mengganti pembalut selama satu hari saat haid bln lalu, dikarenakan sy sedang sakit dan kayaknya sy terkena iritasi di Miss V dan skrng saya mengalami semacam keputihan yg berwarna putih kekuningan serta berbau dan ini sudah yg kedua kalinya, dan keputihan ini keluarnya seperti darah haid yg keluar terus-menerus tetapi keputihan ini kluarnya sedikit sy biasanya haid selama 10 hari dan sekarang hr ke-9 dan keputihan ini mncl, sy seorang remaja umur 14 tahun. Tolong dijawab Dok:(
200 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, FTerima kasih atas pertanyaan AndaKeputihan bisa terjadi secara normal pada wanita saat selesai menstruasi atau mendekati masa menstruasi. Keputihan yang dikatakan normal bila terjadi tanpa disertai dengan keluhan penyerta seperti demam, gatal di area kemaluan, berbau tidak sedap bahkan nyeri saat berhubungan seksual. Sedangkan, keputihan yang tidak normal bisa berwarna putih kekuningan atau bahkan kehijauan, berbau tidak sedap, menimbulkan rasa gatal dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab keputihan yang tidak normal:

Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, adanya riwayat tidak ganti pembalut saat sednag mensstruasi bisa memberikan keadaan lembab pada vagina. Sehingga bisa memicu terjadinya infeksi baik infeksi jamur, bakteri dan lain sebagainya. Beberapa kemungkinan penyebab dari keluhan keputihan yang terjadi pada Anda salah satunya bisa karena kondisi yang sudah disebutkan di atas. Lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan untuk tahu penyebab pasti dari keluhan Anda. Saat ini usahakan untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan vagina, hindari berhubungan seksual untuk sementara waktu, konsumsi makanan sehat bergizi, hindari kelelahan, ganti pembalut setiap 4 jam saat sedang menstruasi, ganti celana dalam secara berkala, hindari mengunakan pakaian dalam yang terlalu ketat dan tidak ada sirkulasi udara, dan lakukan istirahat cukup.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
trikomoniasiskandidiasis vaginakeputihanvaginosis bakteri
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil