apakah ini gejala covid jika ada panas dingin dan flu?

AP Info Penanya: AP
selamat malam dok. saya mengalami gejala seperti panas dingin, batuk tapi tidak sering, flu tapi biasanya saya memang alergi, lalu sekarang sesak karena hidung tersumbat. padahal maaf hidung saya tidak ada ingusnya. sebelumnya saya pernah ke daerah yg terjangkit. apakah ini gejala covid 19 dok ? terimakasih sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AP,

Gejala infeksi corona adalah diantaranya yang paling utama adalah batuk, sesak dan demam lebih dari 38 derajat. Tapi saat ini penularan tidak hanya pada yang memiliki gejala saja tapi juga bisa dari Orang Tanpa Gejala.

Meskipun begitu, tidak selalu juga apabila merasa ada keluhan saluran napas seperti hidung tersumbat, penyebabnya adalah tidak selalu infeksi virus corona, karena bisa juga akibat flu biasa ataupun karena infeksi saluran napas lain seperti akibat bakteri.

Apabila memiliki riwayat alergi atau terjadi batuk, bisa juga dipicu oleh alergen seperti debu, asap rokok, udara dingin, makanan dan minuman tertentu.

Beberapa hal yang bisa dilakukan diantaranya adalah:

  • Cukup istirahat
  • Perbanyak minum air putih
  • Ukur suhu tubuh, jika lebih dari 38 derajat celcius bisa konsumsi obat penurun panas seperti parasetamol
  • Cuci hidung dengan air garam atau larutan NaCl untuk meredakan hidung tersumbat
  • Bisa juga konsumsi obat batuk seperti guafenesin

Jaga kebersihan diri dengan lebih sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, hindari menyentuh mata , mulut dan hidung jika belum cuci tangan dan lakukan social distancing. Gunakan masker jika bepergian. Jika batuk gunakan masker juga dirumah dan terapkan etika batuk dan bersin yang baik

Jika keluhan terasa lebih berat ada baiknya bisa memeriksakan diri dan lakukan penangana berikutnya seperti misalnya melakukan karantina mandiri selama 14 hari samapi keluhan reda. Lakukan juga physical distancing dengan orang rumah agar bisa mencegah penularan keluhan yang dirasakan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Panduan cara pakai masker yang benar yang dianjurkan

Sisi Berwarna Hijau atau Putih, Bagaimana Cara Pakai Masker Yang Benar?

Masker yang digunakan banyak orang untuk menghindari paparan virus dan bakteri penyebab penyakit memiliki dua sisi berbeda, yaitu sisi berwarna hijau dan sisi berwarna putih. Sudah tahukah Anda cara pakai masker yang benar?