Tanda-tanda gangguan kesehatan jiwa

AA Info Penanya: AA, Wanita
Hallo dok ? Saya sering sekali berbicara di dalam hati memikirkan sesuatu yang aneh misalnya contoh kalo saya di perjalanan saya suka memikirkan bagaimana jika saya terjatuh atau bagaimana jika ibu /orang terdekat saya meninggal lalu saya membayangkan dan sedih sendiri , tidak hanya itu saya juga sering mood swing , saya termasuk orang ceria di lingkungan saya tapi ada kalanya saya ingin sendirian padahal saya tidak punya masalah di dalam keluarga Saya mengalami ini sudah hampir 2 tahun
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terimakasih pertanyaan Anda. 

Gangguan psikologis atau gangguan kesehatan jiwa merupakan penyakit yang mempengaruhi emosi, perilaku, dan pola pikir penderitanya. Biasanya gangguan kesehatan jiwa ini dipengaruhi oleh genetik, psikologis, dan lingkungan dari penderitanya. Tanda-tanda yang menunjukkan apakah seseorang mengalami gangguan kesehatan jiwa atau tidak yaitu merasa sedih dan tress terlalu lama; keinginan untuk bunuh diri; menarik diri dari lingkungan; sering mendengar bisikan-bisikan di telinga; paranoid; emosi yang berubah-ubah; pola makan dan tidur yang tidak normal; memiliki emosi yang berubah-ubah (mood swing); isi pembicaraannya kacau. Ada beberapa jenis gangguan kesehatan jiwa.

Jenis-jenis gangguan kesehatan jiwa yaitu:

  • ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Gangguan pada kinerja otak sehingga menyebabkan pengidapnya menjadi hiperaktif dan impulsive. Ini biasanya terjadi pada anak-anak.
  • Gangguan kecemasan. Perilaku cemas berlebih, gelisah, dan merasa ketakutan sehingga mengganggu kehidupan sehari-hari.
  • Bipolar. Gangguan yang menyebabkan perubahaan mood secara drastis. Terkadang pengidapnya berada di fase mania atau depresif secara berkala.
  • Depresi. Gangguan suasana hati dimana penderitanya merasa sedih terus menerus, tidak semangat untuk hidup, dan selalu merasa putus asa.
  • Skizofrenia. Gangguan dimana penderitanya sulit membedakan antara realita dengan pikirannya sendiri. Pengidapnya juga mengalami halusinasi, paranoid, dan delusi.

Untuk memastikan apakah gejala yang Anda alami merupakan gangguan kesehatan jiwa atau gangguan psikologis, saya sarankan untuk Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis jiwa agar dapat diterapi lebih lanjut dan Anda dapat segera sembuh dari kondisi Anda ini.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jaga kesehatan mental Anda sebagai cara menjaga kesehatan jantung

Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Mental yang Baik

Selain berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi, menjaga kesehatan mental merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan sebagai cara menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, kondisi kejiwaan seperti depresi, dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung.