Apa efek samping dari obat-obat ini?

AM Info Penanya: AM, Wanita, 16 Tahun
Malam dok, setelah saya periksa ke dokter kmrn karena ada keluhan, dokter memberikan obat polofar plus, lostacef dan 1 obat lgi yg saya tdk tau apa itu. Setelah meminum obat itu saya jauh lebih baik tpi terkadang kepala saya nyut"an di sebelah kiri dan kanan, perut bagian atas jga terasa panas, bahkan smpai sesak nafas. Apakah itu efek smping dri obat tsb ? Apakah obat tsb lebih baik di hbs kan ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AMM.

Obat adalah senyawa kimia yang digunakan untuk mencegah atau mengobati suatu penyakit. Sebelum obat diperjualbelikan ke masyarakat, obat telah melalui berbagai uji untuk mengetahui efektivitas dan keamanannya.

Ketika Anda memeriksakan diri ke dokter, Anda akan diberikan terapi berupa obat-obatan dan hal-hal yang perlu anda lakukan. Dokter tentunya akan meresepkan obat sesuai dengan keluhan Anda. Perlu diketahui, satu jenis obat bisa dipergunakan untuk berbagai kondisi, selama sesuai dengan indikasi medis.

Pada kondisi tertentu, obat akan memiliki efek samping. Berikut adalah efek samping dari obat yang diberikan kepada Anda:

  • Polofar plus, mengandung dua komponen aktif, yaitu chlorpeniramine maleate dan dexametason. Chlorepeniramine maleate tergolong obat antihistamin, yang memiliki efek samping seperti mengantuk, mual, sembelit, atau sakit kepala. Sedangkan dexametason adalah golongan kortikosteroid, yang memiliki efek samping gangguan pencernaan, sakit kepala, sulit tidur, atau nyeri sendi.
  • Lostacef, mengandung cefadroxyl yang memiliki efek samping gangguan pencernaan seperti mual, muntah, atau diare.

Oleh karena itu, kondisi yang Anda alami seperti nyeri kepala atau nyeri perut bisa saja disebabkan oleh efek samping obat tersebut, ya. Anda juga harus terus memantau kondisi Anda. Jika muncul efek samping berat seperti sesak napas berat, gatal di seluruh tubuh, atau anafilaksis, segera periksakan ulang. Sebaiknya Anda berkonsultasi kembali kepada dokter Anda, dan meminum obat sesuai petunjuk.

Akhir kata, informasi yang diberikan ini bukan untuk merekomendasikan atau melarang obat merek tertentu, ya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain obat syaraf kejepit, ada prosedur lain yang bisa dilakukan seperti operasi.

Obat Saraf Terjepit Ini Bisa Redakan Rasa Nyeri yang Mengganggu

Syaraf kejepit mengundang rasa sakit yang tak tertahankan. Jika tidak cepat ditangani dengan obat syaraf terjepit, rasa nyeri bisa terus muncul sehingga mengganggu hidup Anda. Kenalilah beragam obat syaraf kejepit supaya bebas dari nyeri.