04 Jun 2020, 21:45Kandungan

Apakah ada indikasi untuk hamil?

MK
Info Penanya: MK, Wanita, 21 Tahun
Selamat malam dok Saya haid di tanggal 28 Mei dan berhubungan intim dengan suami di tnggl 3 Juni sekitar pukul (05.30) lalu mengkonsumsi 2 pil sekaligus Postinor 2 pada 15 jam berikutnya (23.00) dan pada 10 jam berikutnya terjadi pendarahan pada Miss V saya (09.00) dan pada 11 jam berikutnya (20.00) saya mengalami nyeri perut yg amat sakit, apakah saya ada indikasi untuk hamil? Atau serangkaian diatas hanya efek samping Postinor 2 jika iya efek samping nya sampai kapan ya dok, terimakasih
14608 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang MK,Kehamilan dapat terjadi jika melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan kontrasepsi atau pengaman. Jika melakukan hubungan lalu menggunakan kontrasepsi darurat seperti yang dilakukan, perlu digunakan dengan dosis dan cara penggunaan yang tepat.Jika berhubungan di tgl 28 tetapi baru menggunakan kontrasepsi darurat di tgl 3, sudah terlalu lama terlewatnya. Jadi kemungkinan untuk hamil bisa sudah terjadi. Untuk itu perlu diperhatikan dalam siklus berikutnya apakah timbul menstruasi atau tidak karena jika terlambat haid bisa coba dilakukan pemeriksaan awal kehamilan dengan testpack.Jika memang berlum menginginkan kehamilan atau masih menunda, ada baiknya gunakan kontrasepsi seperti:
Rasa nyeri perut dan perdarahan yang terjadi bisa merupakan PMS dan flek cokelat ataupun bisa efek dari pil yang dikonsumsi. Apabila terjadi perdarahan lebih dari 7 hari, periksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan ya agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
hubungan sekspenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil