18 Mar 2020, 00:26Psikologi

Apakah saya mengalami ADHD?

D
Info Penanya: D, Wanita, 23 Tahun
Halo dok, saya merasa sangat lambat dalam melakukan pekerjaan dari orang-orang lainnya. Sudah berusaha untuk lebih cepat, tapi akhirnya menjadi tertekan dan lama untuk menyelesaikannya karena overthinking. Akhirnya saya jadi berpikir yang tidak-tidak dan merasa ada kelainan. Hal ini mengganggu dan saya ingin mencari expert yang bisa bertemu langsung dan menangani ini.. tapi saya tidak tahu harus mencari siapa untuk membantu saya.. dan apakah ini termasuk ADHD? Terima kasih dok.
8068 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat siang, D.Terimakasih atas pertanyaan Anda.ADHD (gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas) merupakan gangguan pada perkembangan yang ditandai dengan perilaku hiperaktif,  kesulitan dalam pemusatan perhatian dan disertai dengan kecenderungan untuk berperilaku impulsif. Umumnya ADHD terdeteksi pada kisaran usia muda yakni, 3, 6 hingga 12 tahun. Seiring dengan pertambahan usia, ADHD dapat membaik pada sebagian besar kasus, namun, terdapat beberapa kasus yang berkembang hingga dewasa.

Beberapa gejala yang dapat dialami penderita ADHD dewasa diantaranya adalah :

  • mengalami kelutian saat harus mengejakan beberapa tugas bersaman (multitasking)
  • kesulitan dalam menangani stres
  • impulsif
  • mempunyai aktivitas yang berlebih
  • kesulitan untuk tetap duduk diam
  • adanya perubahan suasana hati yang dapat berulang
  • cenderung tidak sabaran dan temperamen
  • memiliki kemapuan manajeman waktu yang kurang baik
Terkait dengan keluhan yang Anda alami, masih belum dapat dipastikan karena dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut sesuai dengan pedoman ilmu kesehatan jiwa untuk mendiagnosis ADHD dan kelainan mental dan psikis lainnya. Kecenderungan memiliki pikiran berlebihan (overthinking) dapat pula terjadi pada seseorang dengan gangguan kecemasan umum dan gangguan obsesif kompulsif. Untuk memastikannya, dalam hal ini Anda dapat berkonsultasi langsung dengan ahli yaitu psikolog atau psikiater.Untuk sementara Anda dapat mencoba mengatasi keluhan Anda dengan mencoba mencatat jadwal harian setiap malam sebelum memulai hari esok dengan menentukan prioritas dari hal yang terpenting untuk dilakukan pada waktu yang ditentukan dan berusaha berkomitmen dengan jadwal yang telah Anda buat.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
adhdgangguan kecemasan umumgangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil