Apakah Infeksi Telinga Dapat Menyebabkan Demam pada Bayi?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 33 Tahun
Dear Dokter, mohon informasi apakah demam atau panas tinggi bisa disebabkan oleh infeksi pada telinga? Anak saya usia 5 bulan dan sebelum demam ini, selang waktu 1 bulan yang lalu sempat mengeluarkan cairan dari telinga kanan. Setelah itu sering rewel dan terakhir mengalamai panas tinggi sampai 39° C Apakah hal ini ada hubungannya? Terima kasih Dokter Salam,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu SA,

Panas atau demam adalah merupakan tanda atau gejala adanya suatu gangguan di dalam tubuh. Salah satu penyebab demam adalah infeksi pada telinga, terutama untuk bayi yang masih kecil. Infeksi telinga sangat mungkin disebabkan karena air yang masuk ke telinga saat bayi dimandikan, atau karena batuk pilek pada anak.

Tubuh bayi sangat sensitif terhadap perubahan suhu, sehingga demam yang berkepanjangan dapat menyebabkan kejang, yang dikenal dengan nama Kejang Demam. Kejang Demam ini, bila terjadi berulang-ulang tanpa penanganan yang baik, ditakutkan dapat menyebabkan kelainan pada fungsi otak bayi dan perkembangan bayi selanjutnya.

Untuk itu kami sarankan supaya Bapak segera mengunjungi Dokter Spesialis Anak (Sp.A) terdekat supaya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap anak Bapak.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak berusia 6 bulan-5 tahun berisiko mengalami kejang demam

Seberapa Bahaya Kejang Demam pada Anak?

Saat mengalami kejang demam, anak akan menjadi kaku, mengejang, dan matanya terbelalak. Anak juga akan mengalami gangguan pernapasan. Kondisi ini dapat terjadi pada anak berusia 6 bulan-5 tahun, meski paling sering pada anak berusia 12-18 bulan. Akan tetapi, hanya sebagian kecil anak-anak yang mengalami kejang demam.