15 Dec 2020, 06:21Pernapasan

Apakah infeksi paru-paru bisa sembuh ?

JA
Info Penanya: JA0
Saat ini ibu saya berada di RS. Setelah diagnosa. Ternyata ibu mengidap infeksi paru paru. Yg saya tanyakan apakah infeksi paru paru bisa disembuhkan.
648 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore JA,Paru-paru merupakan salah satu organ utama pada tubuh manusia yang berfungsi untuk menyalurkan oksigen yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh. Fungsi paru dapat menurun karena beberapa gangguan, salah satunya infeksi. Infeksi pada paru beragam sumber penyebabnya, bisa karena bakteri, virus, atau jamur. Beberapa infeksi paru sebagai berikut :
Terjadinya infeksi ini bisa dipicu karena menurunnya imunitas akibat pola hidup yang tidak sehat, merokok, menghirup asap pembakaran, tertular dari orang yang sakit, atau karena usia lanjut. Infeksi pada peru perlu dilakukan berbagai pemeriksaan untuk mengetahui kemungkinan-keungkinan penyebabnya mulai dari pemeriksaan darah, foto rontgen, dan pemeriksaan lendir. Terkadang sangat sulit untuk membedakan jenis infeksi yang terjadi pada paru karen gejalanya sangat mirip. Penanganan yang cepat dan tepat dapat mencegah meluasnya infeksi dan komplikasi dari infeksi paru. Bila infeksi ini dibiarkan terlalu lama dapat mengakibatkan kegagalan organ paru yang menyebabkan kegagalan organ-organ vital lainnya karena kekurangan oksigen hingga menyebabkan kematian.Tingkat kesembuhan tergantung ddari keparahan penyakit dan penangan yang tepat. Penanganan infeksi paru berupa terapi oksigen, obat antibiotik, antiradang, bronkodilator, dsb yang dianjurkan oleh dokter spesialis paru. Selain itu penerapan pola hidup sehat dan membantu regenerasi sel serta meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah kekambuhan atau keparahan penyakit.Semoga bermanfaat.  Salam sehat,dr. Pany CL
tuberkulosisbronkitispneumoniainfeksi paru-parupola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil