11 Aug 2020, 09:42Kandungan

Apakah infeksi kandidiasis dapat membuat terlambat haid?

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 20 Tahun
Dok, apakah keputihan karena infeksi candidiasis dapat menyebabkan telat haid? Karena saya telat haid dan terus keputihan putih susu walau memang tidak berbau nyengat dan tidak gatal. Terimakasih
7525 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam SU,Keputihan adalah reaksi normal tubuh sebagai mekanisme untuk membersihkan organ reproduksi dari sisa sel mati. Apabila terdapat infeksi bisa ditandai dengan perubahan warna cairan keputihan, perubahan konsistensi, dan juga bisa disertai gejala lain seperti misalnya rasa gatal di kemaluan, nyeri saat berhubungan seksual, ada bau yang khas dan gejala lainnya.Infeksi yang bisa timbul sendiri bisa disebabkan oleh beberapa penyebab seperti:
  • Infeksi bakteri
  • Infeksi jamur
  • Infeksi parasit
  • Infeksi menular seksual seperti trikomoniasis, kandidiasis, dan infeksi menular seksual lainnya
  • Penyebab infeksi lain
Kandidiasis sendiri merupakan infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis, ditandai dengan gejala seperti keputihan yang berwarna seperti keju dan kental, nyeri saat buang air kecil dan saat berhubungan seksual, gatal pada vagina, rasa perih dan bengkak di vagina. Apabila ada gangguan keputihan bisa dilakukan pemeriksaan sampel cairan keputihan ataupun dilakukan pemeriksaan papsmear agar dipastikan apa penyebabnya dan dilakukan pengobatan yang sesuai.Kandida sendiri tidak menyebabkan terlambat haid, jika sebelumnya ada riwayat melakukan hubungan seksual dan terjadi terlambat haid bisa dilakukan pemeriksaan awal kehamilan menggunakan testpack. Jika ternyata negatif bisa coba diulang dalam 2 minggu jika masih belum juga datang bulan.Baca juga artikel mengenai penyebab terlambat menstruasi.Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenstruasikeputihan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil