Apakah impotensi dapat disembuhkan?

AP Info Penanya: AP, Pria, 2019 Tahun
Dokter.saya mau bertanya.apa kah impoten bisa di sembuhkan kan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A. 

Terimakasih sudah bertanya di SehatQ. Saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda. 

Impoten atau disfungsi ereksi adalah ketidakmampuan mencapai atau mempertahankan ereksi penis dengan baik untuk berhubungan seksual, meskipun mendapat stimulasi seksual.

Ereksi dapat terjadi karena terpicunya gairah seksual pria, yang mana merupakan proses yang kompleks. Proses tersebut melibatkan otak, saraf, otot, pembuluh darah, hormon, dan emosi. Disfungsi ereksi biasanya terjadi jika hal-hal tersebut mengalami masalah. Bahkan, ada kemungkinan penyebabnya merupakan kombinasi dari beberapa kondisi.

Beberala kemungkinan penyebab impotensi antara lain :

1. Ada kondisi medis yg mendasari. 

Impotensi dapat dipicu oleh penyakit tertentu, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, penyumbatan pada pembuluh darah (aterosklerosis), diabetes, obesitas, sindrom metabolik, penyakit ginjal, penyakit liver, Parkinson, stroke, dan lain lain. 

2. Psikologis

Salah satu faktor penting saat ereksi yaitu kesehatan mental. Ereksi dimulai dengan adanya gairah seksual saat terjadi rangsangan, namun hal ini bisa terganggu karena beberapa kondisi psikologis seperti stres, depresi, kecemasan, atau masalah pada hubungan dengan pasangan.

3. Obat-obatan

Beberapa jenis obat dapat memicu terjadinya impotensi seperti:obat antidepresan, antipsikotik, penurun tekanan darah tinggi, pengobatan kanker prostat, penurun kolesterol, atau penggunaan obat-obatan terlarang. 

4. Cedera

Cedera pada alat kelamin, dan cedera pada syaraf atau pembuluh darah di tulang belakang dapat memicu terjadinya impotensi. 

5. Usia tua

6. Gaya hidup tidak sehat seperti merokok, meminum minuman alkohol dan obesitas. 

Pengobatan akan disesuaikan dengan penyebab impotensi. Sebagai contoh, jika impotensi disebabkan oleh diabetes, maka akan dilakukan penanganan terhadap diabetes terlebih dahulu. Jika impotensi disebabkan oleh gangguan psikologis, pengobatan akan dilakukan oleh psikolog atau psikiater Impotensi dapat pulih dengan sendirinya setelah penyebab yang mendasari impotensi tersebut berhasil diatasi.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah impotensi antara lain:

  • Olahraga teratur
  • Mengonsumsi makanan gizi seimbang
  • Istirahat cukup
  • Menghindari konsumsi minuman beralkohol
  • Hindari penggunaan NAPZA
  • Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin
  • hindari stres

Apabila anda khawatir dengan keluhan anda, saya sarankan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis urologi, atau ke psikolog. Dokter mungkin perlu melakukan pemeriksaan lanjutan yang meliputi tes darah, tes urine, atau USG penis. Setelah penyebabnya dipastikan, dokter dapat menentukan pengobatan yang tepat.

Semoga bermanfaat. 

Salam sehat, 

dr. Sandy Aditya P. 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri-ciri ejakulasi dini adalah sulit menahan ejakulasi hampir setiap waktu

Sudahkah Anda Mengetahui Ciri-Ciri Ejakulasi Dini?

Ejakulasi dini adalah ketidakmampuan untuk menahan ejakulasi atau keluarnya sperma kurang dari satu menit setelah penetrasi. Ejakulasi terjadi saat pria terangsang secara seksual. Tahapan yang pertama dimulai saat sperma berpindah dari testis ke prostat untuk dicampur dengan air mani. Tahapan kedua adalah orgasme yaitu otot penis berkontraksi dan membuat cairan mani dan sperma keluar dari penis.