Apakah ikan bakar aman untuk penderita kolesterol?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Hai dok, apakah mengonsumsi ikan bakar aman untuk penderita kolesterol?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, FF.

Ikan adalah makanan tinggi nutrisi. Beberapa zat gizi yang terkandung di dalamnya adalah protein, omega-3, serta vitamin dan mineral. Memasukkan ikan ke dalam menu makanan sehari-hari dapat membantu memenuhi zat gizi yang dibutuhkan tubuh.

Tetapi, perlu diperhatikan cara mengolahnya juga, terutama bagi mereka yang memiliki gangguan kesehatan. Contohnya, pada mereka yang memiliki hiperlipidemia atau kolesterol tinggi sebaiknya menghindari olahan makanan yang digoreng (deep fried). Sedangkan jika dibakar, dipanggang, atau menggunakan metode lain dengan sedikit minyak, maka tidak masalah.

Beberapa contoh inspirasi menu olahan ikan yang aman bagi penderita kolesterol tinggi adalah:

  • Ikan nila bakar
  • Ikan bumbu kuning panggang
  • Ikan kerapu kukus
  • Sup ikan gurame atau patin
  • Pepes ikan kembung

Nah, selain metode mengolah ikan, gaya hidup lainnya juga harus diperhatikan, ya. Penderita kolesterol tinggi sebaiknya memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, serta minum air putih yang cukup. Lalu, kurangi karbohidrat simpleks seperti nasi putih atau roti putih, serta minuman dengan pemanis buatan. 

Selain itu, penting untuk mengelola stres dengan baik, misalnya dengan berlatih yoga dan meditasi. Kondisi stres memicu produksi hormon kortisol pada tubuh, yang juga memengaruhi kadar kolesterol. Jika butuh konsultasi lebih lanjut terkait menu makanan untuk penderita kolesterol tinggi, Anda juga dapat menghubungi dokter spesialis gizi. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat jengkol untuk kesehatan

Bukan Sekedar Bau, Ini 5 Manfaat Jengkol untuk Kesehatan

Manfaat jengkol cukup beragam bagi kesehatan. Mulai dari menurunkan kolesterol hingga menangkal radikal bebas bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi jengkol.