Apakah ibu menyusui tidak boleh hamil?

RS Info Penanya: RS, Wanita, 56 Tahun
Dokter, benarkah ibu menyusui tdk blh hamil, knp
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RS

Terima kasih atas pertanyaannya.

Ibu menyusui bisa dan boleh hamil, tidak ada larangan untuk hamil kembali. Namun biasanya saat bayi lahir dan menyusui dengan eksklusif, kesuburan belum kembali normal. Sampai dengan menstruasi kembali sebagai tanda Anda sudah bisa ovulasi. Namun bisa juga belum menstruasi sudah hamil kembali. Biarpun Anda hamil masih bisa menyusui bayi Anda. 

Menstruasi kembali terutama pada yang tidak ASI ekslusif, bayinya sudah mulai makanan pendamping ASI, dan bayi mulai tidur lebih lama, serta terpisah dari ibunya di siang hari (wanita karir). Maka efek dari menyusui berkurang dan kadar estrogen menurun sehingga menstruasi bisa timbul kembali.

Bila memang belum berencana hamil kembali, sebaiknya menggunakan kontrasepsi. Berikut artikel mengenai pilihan kontrasepsi untuk ibu menyusui.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tongue-tie dapat menjadi penyebab bayi tidak mau menyusu

Apakah Tongue-Tie Penyebab Bayi Tidak Mau Menyusui?

Tongue-tie adalah kondisi saat membran tipis di bawah lidah bayi membatasi pergerakan lidah. Ketika seorang bayi mengalami tongue-tie, biasanya bayi tidak mau menyusu, makan, hingga menelan. Untuk mengatasi tongue-tie dengan operasi, sebaiknya lakukan observasi terlebih dahulu.