Apakah ibu menyusui boleh mengonsumsi suplemen kolostrum?

VO Info Penanya: VO
Sore dok , saya vela , saya ingin bertanya kebetulan bayi saya tidak mendapat kolostrum pada saat lahir karena asi saya tidak keluar dan kondisi saya yang masih lemah karena melakukan tindakan sc , dan baru keluar setelah hari ketiga dan sangat sedikit sekali itupun dengan warna putih kekuningan bukan bening kekuningan , dan saya khawatir sekali dengan perkembangan otak dan tubuhnya , apakah saya boleh mengonsumsi suplemen kolostrum untuk menambah kolostrum pada asi saya ? Terimakasih banyak dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, VO.

Kolostrum adalah ASI yang keluar pertama kali dari payudara setelah melahirkan. Kolostrum mengandung banyak sekali zat-zat yang memberikan manfaat kesehatan dan dibutuhkan oleh tubuh si buah hati. Beberapa manfaat kolostrum adalah meningkatkan kekebalan tubuh, memperlancar buang air besar pertama bayi, serta mencegah agar kadar gula darah bayi tidak terlalu rendah.

Menurut salah satu studi, ASI yang mengandung kolostrum bisa diproduksi hingga 10 hari pasca persalinan, tetapi rata-rata 2-4 hari pasca persalinan. Setelah itu, baru akan diproduksi ASI transisi, dan pada akhirnya menjadi ASI matur.

Jadi, apabila Anda mulai menyusui bayi pada hari ketiga, kemungkinan bayi Anda masih mendapat kolostrum, ya. Jika ingin mengonsumsi suplementasi kolostrum, pastikan dulu bayi tidak memiliki alergi produk susu. Karena, suplementasi kolostrum biasanya berasal dari kolostrum sapi, dan apa yang ibu konsumsi mungkin saja mengalir ke bayi melalui ASI.

Bahkan, ada baiknya sebelum mengonsumsi suplemen, Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter laktasi (bagi ibu) dan dokter spesialis anak (bagi bayi). Hal ini bertujuan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, agar dapat diketahui apakah suplementasi kolostrum diperlukan atau tidak.

Tips agar ASI Lancar

Apabila Anda sangat peduli dengan perkembangan otak dan tubuh si kecil, maka pastikan asupan ASI selalu cukup, dan berikan ASI eksklusif sampai enam bulan. Agar ASI selalu cukup, berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan:

  • Selalu bahagia, karena hormon kebahagiaan akan memengaruhi produksi ASI
  • Mengonsumsi makanan bergizi, perbanyak buah dan sayur
  • Minum air putih yang cukup
  • Menyusui atau memompa ASI secara rutin
  • Melakukan pijat payudara

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembuluh darah pecah bisa menyebabkan mata merah pada bayi

Berbagai Penyebab Mata Merah pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Mata merah pada bayi menjadi hal yang cukup sering terjadi. Ternyata, kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. Lantas, bagaimana mengatasinya?