Apakah ibu hamil boleh mengonsumsi wedang jahe?

SL Info Penanya: SL
Dok, apa boleh ibu hamil mengonsumsi wedang jahe? Kebetulan saya merasa nyaman mengonsumsi itu sebelum tidur.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SL

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Tanaman jahe merupakan salah satu contoh tanaman rempah yang sering digunakan untuk bumbu dalam memasak. Di Indonesia, jahe emrupakan salah satu jenis tanaman obat yang sering digunakan. Wedang jahe adalah minuman yang berasal dari jahe. Wedang jahe ini biasanya terbiat dari ekstras jahe ataupun rebusan dari air jahe. 

Adapun beberapa manfaat dari jahe adalah:

  • Meredakan rasa mual
  • Meringankan gejala flu dan pilek
  • Mengurangi rasa nyeri
  • Meredakan inflamasi atau peradangan
  • Membantu menyembuhkan masalah pencernaan
  • menurunkan kadar gula darah
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Membantu melawan infeksi

Wedang jahe, kerap kali dikonsumsi oleh ibu hamil untuk membantu meredakan rasa mual. Jahe pada umumnya cenderung aman dikonsumsi oleh ibu hamil, asalkan jumlahnya tidak berlebihan. Takaran yang disarankan adalah tidak melebihi 1500mg/hari. Konsumsi jahe yang berlebihan dikahwatirkan dapat mempengaruhi kehamilan. Oleh karena itu, konsumsilah jahe secukupnya, atau atas rekomendasi oleh dokter spesialis kandungan Anda.

Tetapkah konsumsi makanan sehat dan bergizi siembang agar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi sehingga pertumbuhan dan perkembangan janin juga baik, cukupi kebutuhan cairan Anda agar terhindar dari dehidrasi, perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, hindarilah stres dan juga kelelahan, lakukan istirahat culup dan berolahraga dengan rutin agar badan tetap sehat dan bugar.

Periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dapat mengetahui perkembangan dan pertumbuhan janin, serta untuk kesehatan ibu Hamil.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit TORCH merupakan beberapa jenis infeksi yang dapat membahayakan ibu hamil dan janin dalam kandungan

Bahaya Penyakit TORCH pada Ibu Hamil, Bisa Sebabkan Bayi Lahir Cacat

Penyakit TORCH merupakan penyakit yang berbahaya jika diderita oleh ibu hamil. Saat terinfeksi, organ tubuh bayi dalam kandungan tidak akan berkembang dengan baik dan bisa mengalami berbagai masalah kesehatan saat lahir.