Apakah ibu hamil boleh mengonsumsi ikan bakar?

WI Info Penanya: WI, Wanita, 30 Tahun
Halo dokter, saat ini saya sedang hamil 32 minggu. Boleh nggak sih dok saya makan ikan bakar? karena kata teman saya kalau sedang hamil harus hindari ikan bakar. Infonya ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, WI.

 

Kehamilan merupakan sesuatu yang sangat dinantikan oleh setiap pasangan yang baru saja menikah. Maka dengan itu seseorang sangat berhati-hati dalam mengonsumsi makanan ketika hamil. Sebab saat masa kehamilan nutrisi yang dibutuhkan akan berpengaruh dengan janin yang ada didalam kandungan.

Pemilihan jenis makanan yang sehat sangat berperan penting untuk kesehatan bayi didalam kandungannya juga. Ikan merupakan jenis makanan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk pertumbuhan janin namun semua tergantung dari cara pengolahan yang baik. Ibu hamil sebaiknya menghindari makanan yang dimasak setengah matang baik itu ikan, ayam atau bahkan sayuran yang dimasak setengah matang. Lalu apakah ibu hamil boleh makan ikan bakar? pada prinsipnya ibu hamil boleh makan ikan bakar asalkan ikan tersebut dibakar benar-benar matang serta tidak terlalu gosong. 

Karena risiko makanan yang setengah matang ditakutkan akan membawa dampak buruk bagi bayi yang ada didalam kandungan berkaitan dengan adanya infeksi virus atau bakteri. Kemudian untuk makanan yang dibakar terlalu gosong, akan menimbulkan karsinogenik dari api pembakaran yang dihasilkan oleh arang maka hal ini akan memicu terjadinya kanker. 

Untuk menjaga kehamilan hal yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Makan sayur dan buah yang banyak namun selalu ingat bahwa sayur harus dicuci bersih dan harus dimasak sampai matang ya.
  2. Olahraga teratur seperti yoga atau meditasi.
  3. Rutin minum vitamin ibu hamil.
  4. Minum air putih minimal 2-3 liter/hari.
  5. Rutin memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk usg.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski ibu hamil boleh makan daging kambing, tetapi hindari sate kambing karena tidak ada jaminan bagian dalam daging telah matang

Ibu Hamil Makan Daging Kambing? Boleh Saja, Kok!

Salah satu makanan yang dihindari oleh ibu semasa hamil adalah daging kambing. Bila bu hamil makan daging kambing, sebaiknya perhatikan betul apakah daging dimasak matang sempurna.