Apakah hubungan es dengan haid yang tidak lancar?

S Info Penanya: S
Dok sya haidnya sering berulang, misalnya udah haid 7 hari kmudian 4 hri stlah mandi keluar lagi flek2 warna coklat dok..?Itu knpa dok apa pnyebabnya...?Bgaimana cara kita atasi..?Dok air es ada berpengaruh dengan haid dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sebelumnya, Anda harus mengetahui dulu apakah siklus menstruasi Anda termasuk yang normal atau tidak. Siklus menstruasi yang normal itu pada wanita kisaran 21-25 hari. Berbagai hal dapat mempengaruhi panjangnya siklus menstruasi. Salah satunya adalah usia. Selama tahun pertama hingga tahun kedua, wanita mulai mengalami menstruasi, waktu siklus menstruasinya cenderung lebih panjang. Lalu, seiring bertambahnya usia, lama-kelamaan siklus menstruasi menjadi lebih pendek dan teratur. Lamanya seorang wanita mengalami menstruasi juga berbeda-beda. Kebanyakan wanita mengalami menstruasi selama tiga sampai lima hari. Namun, menstruasi yang terjadi dalam dua hari hingga satu minggu, masih dianggap normal.

Penyebab menstruasi yang tidak tuntas bisa karena:
  • Faktor stress
  • Kelelahan fisik
  • Pola makan yang tidak bagus
  • Konsumsi obat tertentu
Untuk itu, cara mengatasinya Anda dapat melakukan:
  • Menjaga berat badan agar tetap ideal
  • Olahraga yang teratur
  • Berlatih yoga
  • Mengonsumsi kayu manis, vitamin D, cuka apel, nanas, dan jahe

Mengonsumsi es tidak ada pengaruh ke menstruasi. Karena ketika es diminum, es akan larut di dalam lambung dan menyatu dengan cairan tubuh yang lain. Jadi, itu hanyalah mitos jika saat haid dilarang untuk mengonsumsi es.

Jika keluhan Anda ini sering muncul dan mengganggu aktivitas Anda, disarankan untuk Anda melakukan konsultasi ke dokter kandungan.

Salam sehat,

dr. Ester

 

 

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa cara agar cepat menstruasi yang aman untuk dilakukan

7 Cara Agar Cepat Menstruasi yang Aman Dilakukan

Memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur atau terlambat memang merepotkan. Jika Anda yang ingin mempercepat datang bulan, terdapat beberapa cara agar cepat menstruasi yang bisa Anda lakukan.