Apakah HIV dapat menular dari pisau cukur pangkas rambut?

SK Info Penanya: SK
Dok apa pergi ke pangkas rambut umum itu aman? Bagaimana kalau sebelum saya, ada orang HIV yang menggunakan pisau cukur sebelum saya? Mohon infonya ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SK,

HIV adalah infeksi virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang bisa menular melalui beberapa cara terutama dari cairan tubuh yang bisa mengandung virus seperti darah, cairan kelamin, sperma, air susu ibu ataupun cairan vagina wanita. 

Penuralan virus HIV sendiri bisa melalui beberapa cara seperti:

  • Melalui hubungan seksual
  • Melalui produk darah yang tercemar virus
  • Melalui penggunaan jarum suntik bersama seperti misalnya penggunaan narkoba suntik
  • Melalui ibu pada anaknya baik saat hamil, melahirkan atau menyusui

Untuk itu perlu menghindari kegiatan yang berisiko dan apabila melakukan kegiatan berisiko bisa lakukan pemeriksaan tes HIV 3 minggu setelah melakukan hubungan berisiko agar bisa segera diketahui apakah terinfeksi atau tidak. 

Pada alat-alat sehari-hari seperti pisau cukur ataupun pangkas rambut sendiri ada kemungkinan tapi kecil jika sampai terjadi luka dan virus juga tidak bisa hidup lama di luar tubuh manusia, dan juga pada pangkas rambut umum sudah banyak yang memperhatikan kebersihan dan keamanan alat-alatnya.

Tidak jarang selain mencuci pisau cukurnya, pangkas rambut juga melakukan sterilisasi alat menggunakan alat sterilisator. Jika kurang yakin atau tempat pangkas rambut dirasa kurang bersih bisa pilih tempat lain atau membawa pisau cukur sendiri. Atau bisa meminta tidak dilakukan pemangkasan menggunakan pisau cukur hanya menggunakan alat barber dan gunting saja yang meminimalisir terjadinya luka. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Agar hasilnya maksimal, Anda sebaiknya beristirahat dengan cukup, sebelum menjalani tes medical check up

Anda Gagal Tes Medical Check Up? Ketahui Penyebabnya Berikut Ini!

Tes medical check up adalah pemeriksaan yang bertujuan memastikan kondisi kesehatan calon karyawan. Ada beberapa penyakit yang dapat membuat tes medical check up gagal, seperti Hepatitis B, Hepatitis C, HIV/AIDS, TBC, Efusi Pleura, Malaria, dan Kondisi kejiwaan atau neurologis.