Apakah HIV bisa sembuh? Begini penjelasannya

GK Info Penanya: GK, Pria, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya . Pacar saya mengidap HIV 8 bulan yg lalu . setelah selama 8 bulan dia melakukan tes darah dan konsumsi ARV rutin di luar negeri lalu dia melakukan tes kembali terakhir bulan mei 2019 bahwa virus hiv sudah tidak terdeteksi kembali . Apakah itu dapat dikatakan dia bebas hiv atau tidak ?? Serta seberapa besar resiko dia menularkan HIV kepada saya ketika melakukan hub sex ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi,G

HIV adalah infeksi virus yang tidak dapat disembuhkan namun virusnya dapat dikontrol sehingga tidak menimbulkan gejala seperti penurunan imunitas tubuh yang mengakibatkan tubuh mudah terkena infeksi seperti infeksi kulit, paru-paru bahkan gangguan otak.

Jadi, untuk menjawab pertanyaan anda, maka kemungkinan yang dialami adalah HIV yang terkontrol namun bukan bebasn HIV karena virusnya masih ada pada tubuh. Selain itu, penularan HIV adalah dari darah, hubungan seksual tanpa kondom, dan dari ibu ke janin yang dikandung. Sehingga, tentu masih dapat tertular kepada anda jika berhubungan intim tanpa kondom.

Untuk itu disarankan bagi pasangan anda untuk selalu meminum ARV secara rutin dan menjaga kesehatannya. Begitu  pula pada anda, dan jangan ragu untuk memeriksakan HIV pada diri anda.

Semoga bermanfaat ya. Terima kasih sudah bertanya di SehatQ!

Salam sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Seperti namanya facial vampir meliputi pengolesan darah pada wajah dengan platelet

Jangan Tertipu Dengan Kepopuleran Facial Vampir? Ada Risiko Tertular HIV

Popularitas facial vampir terus melejit sejak Kim Kardhasian mengunggahnya 6 tahun silam. Di sisi lain, belum lama ini ada dua pelanggan VIP Salon di New Mexico terinfeksi HIV selesai menjalaninya.