Apakah hipertiroid termasuk penyakit serius?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dok, di leher bagian depan bawah saya terdapat benjolan kecil yang bisa bergerak ketika saya menelan. Apakah ini termasuk tumor yang berbahaya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang terletak di leher dan berfungsi untuk menghasilkan hormon tiroid untuk mengatur metabolisme tubuh. Gangguan pada kelenjar tiroid akan menimbulkan gejala penyakit tiroid yang berbeda-beda, tergantung jenis dan penyebabnya. Perubahan bentuk kelenjar tiroid biasanya disebabkan oleh :

  1. Hipotiroidisme
    Suatu keadaan ketika jumlah hormon tiroksin yang di produksi oleh kelenjar tiroid terlalu sedikit. Gejalanya mudah lupa, merasa kedinginan, suara serak dan pembengkakan pada bagian tubuh.
  2. Hipertiroidisme
    Suatu keadaan ketika kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yang berlebihan dalam tubuh. Gejalanya termor, turunnya berat badan, mudah berkeringat, gangguan tidur, gugup, cemas dan jantung berdebar.
  3. Penyakit gondok
    pembengkakan kelenjar tiroid terlihat benjolan di leher
  4. Nodul tiroid
    Benjolan padat atau berisi air terbentuk dalam kelenjar tiroid.
  5. Kanker tiroid
    Munculnya jaringan kanker pada kelenjar tiroid.

Penyebab penyakit tiroid berbeda-beda, beberapa penyebabnya kekurangan yodium, peradangan pada kelenjar tiroid, faktor genetik, autoimun, gangguan kelenjar pituitari. Anda dapat mencegah penyakit tiroid ini dengan mengkonsumsi garam beryodium, konsumsi makanan sayur dan buah setiap hari, cukupi kebutuhan air putih minimal 2 liter / hari. Jika Anda mengalami bengkak pada leher sebaiknya memeriksakan diri ke dokter THT.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nafsu makan meningkat dari segi porsi ataupun jenis makanan yang dimakan dapat menjadi suatu tanda dari adanya kondisi medis tertentu

7 Penyebab Nafsu Makan Meningkat yang Mungkin Anda Alami

Nafsu makan meningkat terkadang bukan merupakan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Namun apabila nafsu makan meningkat terus-menerus muncul atau makin parah, Anda mungkin mengalami suatu kondisi medis tertentu, seperti diabetes, hipertiroidisme, dan sebagainya.