Apakah herbal motherwort bisa menyembuhkan penyakit hipertiroid?

M Info Penanya: M
Siang dok, saya penderita hipertiroid atau gondok beracun. Belakangan saya beralih dari pengobatan medis ke herbal. Dari pakar herbal disarankan menggunakan Herbal Motherwort atau tanaman herbal mint. Menurut dokter,apakah pengobatan Herbal Motherwort aman dan dapat digunakan untuk pengobatan hipertiroid seperti saya? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, M.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Penyakit hipertiroidisme adalah penyakit akibat  kadar hormon tiroid yang tinggi di dalam tubuh sehingga mengganggu kelenjar tiroid. Penyakit ini dikenal dengan nama gondok. Gejalanya adalah jantung berdebar, tremor, gelisah, mudah marah, sulit tidur, diare, konsentrasi menurun, gangguan menstruasi, rambut rontok.

Untuk kasus Anda saat ini, saya sarankan Anda jangan mengonsumsi obat herbal Motherwort dan obat-obatan herbal yang lain untuk mengobati penyakit gondok Anda. Karena belum ada penelitian resmi yang menjelaskan mengenai cara kerja dan efek samping dari obat herbal tersebut.

Untuk mengobati penyakit hipertiroid, terapinya adalah:

  • Obat-obatan: obat-obatan untuk menghambat fungsi kelenjar tiroid.
  • Terapi iodium radioaktif: terapi ini bertujuan menyusutkan kelenjar tiroid, sehingga hormon tiroid yang dihasilkan menurun. Ketika mengonsumsi obat ini, pasien harus jauh dari anak-anak dan ibu hamil untuk mencegah penyebaran radiasi. Pasien juga dilarang untuk hamil selama 6 bulan.
  • Operasi: operasi pengangkatan kelenjar tiroid atau tiroidektomi.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk Anda berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam untuk mengetahui tindakan apa yang cocok untuk kasus hipertiroid yang Anda alami sehingga dapat teratasi dengan tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terkena paparan zat iodium berlebihan dapat jadi penyebab penyakit tiroid

Jangan Sampai Lengah dengan Penyebab Penyakit Tiroid pada Wanita Ini

Wanita lebih rentan terkena penyakit tiroid. Alasan utamanya adalah karena hubungan antara kinerja kelenjar tiroid dengan kadar hormon estrogen dalam tubuh. Salah penyebab penyakit tiroid adalah graves’ disease.