Apakah hasil USG bisa meleset?

CM Info Penanya: CM, Wanita, 33 Tahun
Dok kemarin saya USG dikehamilan 7 bln dan dokter bilang jenis kelaminnya laki2 krn sudah nampak monasnya, apakah hasil USG bisa meleset dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang CM,

USG atau ultrasonography adalah modalitas pemeriksaan yang memanfaatkan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menghasilkan gambar dari bagian dalam dimana pemeriksaan ini tergolong aman dan sifatnya non invasif sehingga menjadi pilihan utama terutama untuk memantau perkembangan kehamilan, mendeteksi jenis kelamin bayi, mengetahui perkiraan berat janin, kondisi cairan ketuban, posisi plasenta dan beragam manfaat lain.

Perkembangan zaman juga membuat USG menjadi lebih canggih seperti sudah tersedia USG 4 dimensi yang bisa lebih detil memberikan gambaran dan juga sejumlah manfaat lain. Meskipun demikian, beberapa faktor bisa berpengaruh pada pemeriksaan USG seperti faktor alat USG dan keterampilan dari operatornya.

Jika saat ini sedang hamil dan sudah menilai jenis kelamin janin sering kali tidak meleset terutama jika jenis kelaminnya laki-laki, jika jenis kelamin perempuan masih mungkin ada perubahan karena faktor tadi. Jika merasa ragu, Anda bisa melakukan pemeriksaan atau opini kedua pada dokter lain atau yang memiliki alat USG yang lebih baik seperti misalnya yang 4 dimensi agar memberikan gambaran yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Emboli air ketuban terjadi saat persalinan atau sesaat setelah persalinan selesai

Langka Namun Mengancam Nyawa, Ini Gejala Terjadinya Emboli Air Ketuban

Emboli air ketuban langka terjadi namun merupakan kondisi serius saat air ketuban masuk ke sirkulasi darah sang ibu. Kondisi ini bisa menjadi sangat fatal, baik bagi ibu hamil maupun janinnya.