Apakah hasil testpack akurat atau tidak?

MA Info Penanya: MA, Pria, 18 Tahun
Selamat pagi dok, saya mau nanya dok, tanggal 13 kemarin saya melakukan hubungan intim, nah pas hari ini tanggal 31 tepatnya 18 hari saya mengecek debgan tespek, pertanyaan saya apakah hasilnya akurat apa tidak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore MA,

Kehamilan adalah hasil pertemuan sel sperma yang membuahi sel telur. Jika terjadi kehamilan dapat diketahui salah satunya dengan pemeriksaan awal kehamilan menggunakan testpack. Testpack sendiri dapat mendeteksi hormon beta HCG ketika tubuh mulai memproduksinya bisa sekitar 1 minggu setelah terjadi pembuahan.

Jika dalam 18 hari pasca berhubungan belum timbul tanda kehamilan atau hasil testpack masih negatif dapat diulang 2 minggu lagi dan perhatikan ada tidaknya tanda kehamilan yang muncul atau bisa memastikannya dengan memeriksakan pada dokter agar dilakukan pemeriksaan USG untuk memastikannya.

Jika belum menginginkan kehamilan terlebih jika belum menikah, maka perlu menghindari kegiatan yang berisiko seperti berhubungan seksual di luar nikah terlebih tanpa pengaman. Selain bisa menimbulkan kehamilan di luar nikah yang bisa membuat masalah juga berisiko untuk terjangkit penyakit menular seksual. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika Anda memiliki cukup energi, efek dari berpuasa akan tidak terlalu dirasakan.

Tips Agar Puasa Saat Hamil Terasa Lebih Ringan

Beberapa ahli menganggap bahwa berpuasa tidak disarankan untuk ibu hamil. Meski begitu, terdapat juga penelitian yang menyebutkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara bayi yang lahir dari ibu yang berpuasa selama hamil dan tidak.