Bagaimana cara menggunakan test pack yang benar?

RR Info Penanya: RR, Wanita, 24 Tahun
apakah hasil test pack untuk kira kira kehamilan seminggu akurat ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RR,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Testpack merupakan alat uji kehamilan berbentuk stik yang dirancang untuk mengetahui apakah urine yang dijadikan sampel mengandung hormon hCG. Hormon ini sendiri diproduksi setelah sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim.

Saat hamil, produksi hCG melonjak tajam, meningkat dua kali lipat tiap dua atau tiga hari. Hal ini umumnya terjadi sekitar enam hari setelah pembuahan terjadi.

Pada prinsipnya, tes kehamilan bisa dilakukan sesegera mungkin, bahkan pada hari pertama seseorang mengalami keterlambatan haid. Namun untuk hasil yang lebih baik, gunakan setelah seminggu terlambat haid.

Dianjurkan menunggu hingga satu minggu setelah terlambat haid untuk melakukan tes kehamilan, karena tubuh membutuhkan waktu untuk menghasilkan hCG dalam jumlah yang cukup. Selain itu, sebaiknya saat-saat awal kehamilan, Anda melakukan testpack saat pagi hari, karena kadar hCG tinggi saat pagi hari. Jangan lupa untuk membaca instruksi pasa testpack sebelum menggunakannya. Jika Anda mendapatkan hasil positif, Anda dapat memastikannya dengan pemeriksaan USG 2 minggu kemudian ke dokter kandungan

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kalau mengidam makanan manis, jangan langsung yakin bahwa Anda sedang hamil bayi perempuan.

Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan yang Sebenarnya Mitos Belaka

Apakah mungkin ibu hamil bisa memprediksi jenis kelamin anaknya melalui gejala yang dirasakan? Namun, apakah prediksi tersebut akurat? Atau hanya mitos? Berikut ini ciri-ciri hamil bayi perempuan yang sebenarnya mitos belaka.