Apakah hand sanitizer efektif membunuh kuman?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, dettol hand sanitizer tuh bagus ga yah untuk membunuh kuman?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Hand sanitizer adalah pembersih tangan dengan kandungan utama alkohol, yang berbasis cairan atau gel. Karena mengandung alkohol, maka hand sanitizer cukup efektif dalam membunuh sebagian jenis virus dan bakteri yang menempel di tangan, misalnya setelah menyentuh benda-benda publik.

Cara Memilih Hand Sanitizer

Saat ini, hand sanitizer sudah menjadi benda yang wajib dibawa kemana-mana. Merek-merek baru hand sanitizer pun mulai bermunculan. Jadi, pilihlah merek hand sanitizer yang terbukti efektif. Berikut tipsnya:

  • Pastikan merek hand sanitizer terdaftar di BPOM
  • Pastikan kandungan alkohol hand sanitizer minimal 60% etanol atau 70% isopropanol (sesuai anjuran CDC)
  • Apabila memiliki jenis kulit kering, pilih hand sanitizer yang mengandung pelembab
  • Pilih kemasan yang lebih kecil, sehingga praktis untuk dimasukkan ke dalam tas
  • Jika ingin membuat sendiri, buatlah dengan cara yang benar

Untuk penggunaannya, hand sanitizer sebaiknya dipakai apabila tidak tersedia sumber air bersih untuk mencuci tangan. Apabila ada sumber air, maka mencuci tangan dengan sabun selama 40-60 detik di bawah air mengalir akan jauh lebih efektif dalam membunuh virus dan bakteri yang menempel.

Selain itu, penggunaan hand sanitizer yang terlalu sering juga dapat membuat kulit menjadi kering dan pecah-pecah, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Apabila ini terjadi, disarankan untuk menggunakan pelembab tangan berbasis petrolatum, atau menggunakan bahan alami seperti minyak kelapa. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mencuci masker dengan benar agar tetap sehat

Cara Membersihkan Masker yang Benar, Kapan Harus Dicuci?

Mengenakan masker saat harus beraktivitas di luar rumah telah menjadi keharusan. Idealnya, masker yang digunakan adalah non-medis dan diganti secara berkala. Cara membersihkan masker berbahan kain yang benar harus runtut mulai dari proses pencucian hingga penyimpanannya.