Terlambat menstruasi setelah melakukan hubungan seksual, apakah aku hamil?

R Info Penanya: R, Wanita
Halo dok, saya ingin bertanya, saya melakukan hubungan sex pada tanggal 9 april. Lalu saya mens pada tanggal 12nya. Namun hingga saat ini, tgl 13 mei, saya belum haid dok. Apakah saya bisa hamil atau tidak dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, R

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kehamilan merupakan kondisi yang diinginkan hampir setiap pasangan suami istri. Untuk mendukung berhasinya program hamil sebaiknya hubungan seksual dilakukan saat wanita mengalami masa subur dan dilakukan ejakulasi di dalam organ reproduksi wanita. Hal ini bertujuan agar memudahkan sel terlur wanita bertemu dengan sel sperma dari pria.

Untuk mengetahui masa subur wanita, harus diketahui dulu siklus menstruasinya. Siklus menstruasi normal adalah 21 - 35 hari, dengan rata-rata orang memiliki siklus 28 hari. Cara perhitungan dari siklus menstruasi dimulai dari hari pertama menstruasi terakhir sampai dengan hari pertama menstruasi berikutnya. Terlambatnya siklus menstruasi selain karena kehamilan juga dapat disebabkan oleh beberapa kondisi.

Adapun kondisi yang dapat menyebabkan terlambat menstruasi adalah:

  • Stres
  • Kelelahan
  • Masalah hormon
  • Masalah organ reproduksi wanita
  • PCOS
  • Obesitas ataupun kekurangan berat badan
  • Efek samping dari penggunaan kontrasepsi hormonal

Terkait dengan pertanyaan Anda, tanda pasti kehamilan adalah dengan tes kehamilan dan juga pemeriksaan fisik dan USG kehamilan oleh dokter. Bila Anda ragu-ragu, bisa dilakukan tes kehamilan. Jika hasilnya samar, ulangi dengan jeda 1 minggu kemudian. Pastikan Anda menghindari stres dan kelelahan, mengonsumsi makanan bergizi dan perbanyak sayur serta buah, cukupi kebutuhan cairan harian, serta melakukan olahraga ringan.

Bila keluhan dirasa tidak membaik, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan serta USG kehamilan agar mendapatkan tatalaksana yang sesuai.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh R
14 May 2020, 14:20
Terimakasih dr Dian, kita sedang tidak dalam program kehamilan. Itulah kenapa pasangan saya memakai kondom. Namun pertanyaan saya lebih lanjut adalah, dari sisi medis, apakah memungkinkan seseorang hamil, padahal sebelumnya dia haid?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
15 May 2020, 07:44
Selamat pagi, R.
Selama dilakukan dimasa subur dan ejakulasi dilakukan di dalam vagina (tanpa alat kontrasepsi), maka kehamilan bisa saja terjadi karena bertemunya sel telur dengan sperma dari pria. Namun bila pada saat melakukan hubungan menggunakan alat kontrasepsi (kondom), maka kemungkinan terjadi kehamilan sangatlah kecil. Bila Anda ragu dan haid belum juga datang, bisa melakukan test kehamilan dan atau memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan USG.
Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Efek menopause umumnya akan memengaruhi suasana hati kaum hawa yang mengalaminya

Ternyata Ada Efek Menopause yang Berdampak Positif Bagi Perempuan

Memasuki usia menopause membawa peningkatan risiko terjadinya beberapa gangguan kesehatan. Tapi ternyata ada juga efek menopause yang membawa dampak positif bagi kesehatan dan kehidupan sehari-hari kaum hawa.