27 Nov 2020, 13:55Kandungan

Penyebab perdarahan vagina selain menstruasi

IK
Info Penanya: IK0
Saya terakhir melakukan hubungan intim dengan pasangan saya tgl 19 november (saya mengeluarkannya di perut) selang beberapa hari tgl 23 november saya haid sampe deras dan bocor 3x. saya haid 5 hari dok ...saya mau menanyakan apakah saya masih ad kemungkinan hamil dok ? Soalnya saya sudah haid
217 Views
4 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo I,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Proses ejakulasi yang dilakukan di luar vagina memiliki kemungkinan yang kecil dapat menimbulkan hamil. Namun sebelum proses ejakulasi, penis mengeluarkan cairan semen yang bisa mengandung sperma, ini bisa menjadi peluang kehamilan jika wanita sedang dalam masa subur, tidak mengunakan alat kontrasepsi. Namun jika setelah berhubungan terjadi menstruasi, maka kemungkinan kehamilan dapat disingkirkan.

Proses menstruasi

Sebelum menstruasi, tubuh mempersiapkan diri terjadinya penempelan di rahim, rahim menjadi lebih tebal. Jika tidak terjadi pembuahan, maka hormon yang ada di dalam tubuh meluruhkan dinding rahim. Luruhnya dinding rahim ini disertai darah, dan dapat diikuti rasa nyeri.

Penyebab perdarahan vagina

Selain karena mentruasi, perdarahan yang Anda alami dapat dikarenakan :
  • Abortus
Jika sudah terjadi pembuahan sebelumnya, karena hormon kehamilan yang tidak stabil, mengakibatkan pertahanan tubuh dalam melindungi janin menjadi kurang kuat, dan terjadi keguguran (abortus). 
  • Kista coklat
Kista coklat atau dalam istilah medis disebut endometriosis terjadi karena infeksi di dalam rahim. infeksi ini dapat menyebabkan perdarahan yang disertai rasa nyeri perut secara terus menerus. 
  • Penggunaan KB IUD
KB IUD dapat dinilai sebagai benda asing di dalam tubuh, oleh karenanya tubuh berusaha untuk mengeluarkannya dan terjadi perdarahan. Penggunaan IUD ini juga dapat menyebabkan infeksi di dalam rahim jika tidak dilakukan pemasangan dengan cara yang benar serta steril.Anda dapat menggunakan alat kontrasepsi unyuk mencegah terjadinya kehamilan, anda juga dapat melakukan hubungan seksual di luar masa subur agar kemungkinan kehamilan semakin kecil. Tetap jaga kebersihan organ intim, jangan berganti pasangan seksual, untuk menghindari terjadinya penyakit menular seksual (PMS).Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari." 
menstruasikontrasepsiabortus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil