Apakah hamil atau tidak?

RN Info Penanya: RN, Wanita, 27 Tahun
Saya menikah mau menginjak 1 bulan,sya rasa bnyak prbedaan pada badan saya sudah kurang lebih 2 minggu perut keram,mual2 pusing kadang2,payudara nyeri serasa membesar,pke celana jeans rasa sesak,dan perut bawah berasa ada yg mengganjal,bulan ini saya blum menstruasi trakhr bln kmrn tgl 17 tpi tiap bulan sya sllu maju tgl mensnya,saya test pack minggu kmarin hasilnya garis 1
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RNB.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kehamilan pada awalnya memang ditandai dengan keadaan tidak haid atau keterlambatan haid dari siklus normal seoarang wanita. Namun, terdapat juga gejala-gejala lainnya yang dapat mengindikasikan kehamilan.

Tanda-tanda awal kehamilan lainnya dapat meliputi :

  • perubahan pada payudara
  • mual muntah di pagi hari (morning sickness)
  • adanya kram perut dan flek
  • adanya keputihan

Terkait dengan keluhan yang Anda alami, masih belum dapat dipastikan karena masih mungkin berupa gangguan keseimbangan hormon tubuh setelah menikah saja, atau dapat pula berupa tanda kehamilan awal, namun hormon kehamilannya belum cukup tinggi untuk terdeteksi oleh test pack karena terlalu dini. Untuk sementara Anda dapat menunggu hingga 1 minggu kedepan, apabila masih tidak kunjung haid, Anda dapat melakukan test pack ulang.

Jika hasilnya masih negatif, terdapat beberapa kemungkinan yang dapat mempengaruhi keterlambatan haid Anda, diantaranya adalah :

  • stres
  • kelelahan
  • sedang dalam progam latihan tertentu
  • penuruan atau kenaikan berat badan yang drastis atau berat badan yang tidak normal
  • konsumsi obat-obatan tertentu yang dapat mempengaruhi kerja hormon dalam tubuh
  • kondisi medis dan penyakit tertentu seperti PCOS, kista ovarium dan lain-lainnya

Untuk dapat memastikan keadaan Anda, ada baiknya Anda memeriksakan diri secara langsung pada dokter Spesialis Kandungan untuk dilakukan prosedur USG guna melihat keadaan rahim Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum air kelapa saat haid ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh

Minum Air Kelapa Saat Haid, Selamat Tinggal Kram Perut!

Berkat kandungan elektrolit, vitamin, dan juga mineral di dalamnya, air kelapa menjadi salah satu minuman paling menyehatkan, selain air putih. Minum air kelapa saat haid bisa mencegah kram perut dan mencegah dehidrasi.