Apakah hamil atau gangguang hormon efek postinor?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 26 Tahun
Selamat sore dok, mau tanya. Sy slsai mens tgl 12 juni , lalu malamnya sya hubungan seks dengan suami, suami pakai kondom dan sebelum ejakulasi penis dicabut shg ejakulasi diluar vagina, 9 jm kemudian sy minum postinor. tgl 18 s/d 22 juni sy keluar dari banyak seperti mens dok, apakah itu tanda implantasi atau gangguan haid dokter? karena sampai tgl 15 juli sy belum mens, sy sudah tespack tgl 6 dan 12 juli hasil negatif dok. terimaksih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Postinor adalah pil kontrasepsi darurat yang biasanya diminum bila melakukan hubungan seksual tanpa pengaman namun takut terjadi kehamilan. Atau biasanya diminum oleh pasangan yang tidak sengaja lupa jadwal KB nya namun sudah terlanjur berhubungan seksual.

Obat ini berisi hormon sehingga bukan obat penggugur kandungan, dan hanya mencegah proses pembuahan saja, sehingga perlu diminum segera setelah berhubungan seksual dan maksimal sebelum 72 jam.

Perihal mungkin tidaknya Anda mengalami hamil, maka kemungkinan terjadinya kehamilan sangatlah kecil atau hampir tidak ada dengan alasan:

  • Anda berhubungan seksual di akhir menstruasi.
  • Suami menggunakan kondom dan ejakulasi di luar.
  • Anda meminum postinor 9 jam kemudian setelah berhubungan seksual.

Tanggal 18-22 Juni bisa saja perdarahan di luar siklus haid akibat adanya mioma uteri, adenomiosis, perdarahan disfungsional, dll. Karena perdarahan efek kontrasepsi darurat biasanya terjadi hari ke 2-3 setelah pil diminum.

Untuk tes pack sendiri idealnya dilakukan 7 hari setelah terlambat haid, namun bila hubungan seksual hanya dilakukan di tanggal 12 Juni saja, maka seharusnya tidak haid.

Sebaiknya jalankan pola hidup sehat, banyak makan sayur dan buah, minum air putih yang banyak, rutin berolahraga, dan usahakan jangan sering bergadang karena akan merusak jam biologis tubuh dan keseimbangan hormon-hormon yang ada di dalam tubuh.

Ada baiknya Anda melakukan USG ke dokter kandungan bila dalam 3 bulan belum haid juga.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai kondisi yang menjadi penyebab nyeri haid

Berbagai Penyebab Nyeri Haid, Mulai dari Kondisi Normal hingga Serius

Apakah nyeri haid termasuk kondisi normal? Apa penyebabnya? Jika Anda sedang haid atau menstruasi, pertanyaan tersebut pasti kerap muncul dalam benak Anda. Temukan jawabannya di artikel berikut.