apakah halu adalah sebutan gangguan mental

BT Info Penanya: BT
Siang dok, saya punya anak remaja usia 15 tahun. Akhir-akhir ini dia sering berkata 'halu' kepada rekan sebayanya. Halu itu apa sih dok? Apakah halu adalah gangguan mental?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malama BT,

Halu adalah singkatan dari halusinasi. Halusinasi sendiri merupakan gangguan mental dimana penderitanya dapat merasakan adanya gejala yang berkaitan dengan panca indera seperti misalnya halusinasi auditorik atau mendengar suara-suara yang sebenarnya tidak nyata, halusinasi visual seperti melihat penampakan hal-hal yang sebenarnya tidak nyata dan juga bisa berkaitan dengan panca indera lain seperti penciuman, pengecap dan juga indera peraga.

Gejala halusinasi adalah merasakan hal-hal yang tidak nyata berdasarkan jenis halusinasinya seperti:

  • Halusinasi visual : melihat ada hewan di ruangan, melihat ada penampakan orang di rumah dan lainnya
  • Halusinasi auditori : mendengar bisikan-bisikan, mendengar seruan, suara berisik yang menganggu
  • Halusinasi gustatori: merasa hal yang beda dari makanan atau minuman yang dirasa
  • Halusinasi olfaktori: merasa mencium bau-bau yang tidak dirasa orang lain dimana bukan bau yang nyata
  • Halusinasi taktil: merasa disentuh, dicolek, digelitik yang sebenarnya tidak terjadi

Penyebab halusinasi sendiri bisa karena beberapa hal seperti efek penggunaan zat seperti zat halusinogen, mengalami gangguan mental seperti skizofrenia atau gangguan psikosis, kondisi medis tertentu yang menyebabkan penurunan kesadaran dan halusinasi.

Halu sendiri yang sering dikatakan remaja bisa mengacu pada hal yang tidak nyata seperti apabila sedang berkhayal ataupun memberikan komentar pada orang lain yang memberikan pendapat atau pernyataan yang tidak sesuai dengan kebenarannya maka akan disebut "halu".

Tapi apabila mengalami masalah seperti sering tampak berbicara sendiri, mengeluhkan ada bisikan-bisikan atau gejala halusinasi lain maka perlu dilakukan evaluasi oleh dokter spesialis kedokteran jiwa untuk memastikan apa penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Maladaptive daydreaming membuat penderitanya dapat melamun berjam-jam

Maladaptive Daydreaming, Ketika Seseorang Kecanduan Melamun

Maladaptive daydreaming membuat penderitanya senang melamun selama berjam-jam. Namun, ini bukan termasuk kelainan mental dan penderitanya tidak harus menjalani perawatan khusus.