Apakah haid terus menerus itu wajar?

IF Info Penanya: IF, Wanita, 28 Tahun
Selamat siang...saya lepas kb sudah 3 buln lebih..2buln trakhir saya mens terus menerus,USG hasilnya ad penebalan dinding,apalah mens terus menerus dengan penebalan dinding itu wajar apa bahaya...terimakasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IF,

Normalnya wanita akan mengalami haid dengan siklus 28 hari, namun rentang 21-45 hari masih termasuk dalam kategori normal.

Ada beberapa hal yang menyebabkan seorang wanita mengalami haid secara terus menerus, seperti :
  1. Stres.
  2. Adenomiosis.
  3. Polip rahim.
  4. Fibroid rahim.
  5. Perdarahan uterus disfungsional.
  6. Ketidakseimbangan hormon akibat pemakaian KB.

Pada hasil USG Anda terdapat penebalan rahim dimana itu merupakan penyebab kenapa Anda haid secara terus menerus, namun yang perlu diperhatikan adalah apa penyebab penebalan rahim tersebut. Sebaiknya Anda melakukan konsultasi ulang ke dokter kandungan bila bulan depan masih mengalami hal yang sama, pemeriksaan sebaiknya dilakukan ketika Anda sedang tidak haid.

Selain itu Anda perlu menjaga pola hidup sehat dengan mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah, serta kurangi stres, dan lakukan olahraga secara teratur.

Salam sehat,

dr. Vina

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dental dam bisa menjadi salah satu alternatif pengaman ketika Anda melakukan seks oral

Mengenal Dental Dam, Kondom Khusus Wanita Saat Seks Oral

Meski penyebaran penyakit menular seksual lebih rendah melalui seks oral, risiko ini tetap ada. Selain dengan memakai kondom pria, Anda juga bisa memanfaatkan dental dam ketika ingin melakukan seks oral pada pasangan wanita Anda.