Apakah gula batu aman untuk kanker ?

SA Info Penanya: SA, Pria, 2019 Tahun
Dok.. Apakah gula batu itu aman untuk kanker dibanding gula lainnya? Minta sedikit penjelasannya dok tentang gula batu terhadap kanker.. Terima Kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SA.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Gula merupakan salah satu sumber karbohidrat yang mudah dicerna. Dan karbohidrat merupakan zat gizi yang dibutuhkan untuk memaksimalkan fungsi tubuh dan otak. Namun konsumsi gula yang terlalu banyak dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan seperti gigi berlubang, penyakit diabetes, penuaan dini dan gangguan kesehatan lainnya.

Belakangan ini banyak dilakukan penelitian tentang keterkaitan gula dengan kejadian kanker. Menurut beberapa penelitian, terdapat korelasi antara konsumsi gula terhadap pertumbuhan sel kanker, karena gula merupakan bahan bakar dari semua sel untuk dapat beraktivitas termasuk sel kanker. Namun hal ini masih kontroversi karena pertumbuhan sel kanker juga terbukti dipicu oleh protein dan lemak serta masih banyak faktor lainnya yang dapat berpengaruh. Penelitian lain menyimpulkan bahwa setiap jenis sel kanker yang berbeda dapat menggunakan sumber bahan bakar yang berbeda.

Mengenai pertanyaan Anda tentang gula batu dibandingkan dengan jenis gula lainnya. Dapat Anda ketahui dari kandungan gula batu itu sendiri. Dimana gula batu pada dasarnya dibentuk dari larutan gula cair yang dikristalisasi. Dengan kata lain, kandungan gula batu sama dengan gula pasir. Sehingga tidak membuat gula pasir lebih aman atau lebih sehat dari jenis gula lainnya.

Salah satu alternatif yang dapat anda pilih adalah jenis pengganti gula alami yang berasal dari tanaman herbal yang memilki rasa manis seperti daun stevia.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter Spesialis Gizi dan dokter Spesialis Onkologi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Semangka kuning tidak mengandung likopen, tetapi mengandung beta-karoten yang juga merupakan antioksidan

Tak Kalah Bernutrisi dari Semangka Merah, Ini Kandungan Semangka Kuning

Semangka kuning sama seperti semangka merah, hanya saja tidak mengandung likopen, zat yang membuat semangka berwarna merah. Meski demikian, warna semangka ini tidak menentukan rasanya. Bahkan ada kalanya semangka kuning memiliki rasa lebih manis dibandingkan dengan semangka merah, dengan sedikit rasa seperti madu.