Apakah gonore memang penyakit menular seksual?

R Info Penanya: R
Jika saya bak terasa perih,lalu keluar cairan bening,beberapa hari yang lalu saya berhubungan seksual,tetapi pasangan saya tidak derita penyakit dok,dan dia baik baik saja,apakah ini terkena gejala gonore/penyakit menular seksual?atau virus dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, R.

Gonore, atau seringkali disebut dengan kencing nanah, adalah salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Selain gonore, ada beberapa penyakit menular seksual lainnya, seperti klamidia, herpes genital, moluskum kontagiosum, dan lain-lain.

Rasa perih saat buang air kecil yang Anda rasakan bisa jadi salah satu gejala gonore atau penyakit menular seksual lainnya. Gejala lainnya adalah keluar nanah atau cairan dari penis, dan terkadang kepala penis bisa memerah atau tampak meradang.

Untuk memastikan penyakit menular seksual apakah yang Anda alami, ada baiknya Anda langsung memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, seperti pemeriksaan duh, untuk memastikan penyebabnya. Setelah itu, dokter akan memberikan penanganan, baik berupa obat minum ataupun suntik.

Selain penanganan untuk Anda, dokter juga biasanya menyarankan untuk sekaligus mengobati pasangan Anda. Walaupun pasangan Anda yang tidak mengalami gejala, tetapi sebaiknya tetap diberikan penanganan. Sebagai informasi, gonore maupun penyakit menular seksual lain bisa saja menimbulkan gejala yang lebih ringan bagi wanita.

Ke depannya, hindari berhubungan seksual dan bergonta-ganti pasangan. Selain itu, jaga kebersihan alat kelamin baik-baik. Hindari menggunakan celana dalam yang ketat, dan gunakan bahan yang menyerap keringat. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gonore adalah penyakit menular seksual pada orang yang aktif berhubungan seksual.

Pengobatan Gonore Tidak Lagi Ampuh Menggunakan Antibiotik, Benarkah?

Gonore adalah penyakit menular seksual akibat bakteri Neisseria gonorrhoeae. Dua jenis antibiotik untuk gonore, yaitu ceftriaxone, azithromycin atau doxycycline.