19 Dec 2019, 16:38Penyakit Lainnya

Apakah penyakit gondok mempengaruhi kesuburan wanita?

AK
Info Penanya: AK0
Saya Ainun usia 32 tahun dan baru saja menikah. Tiga bulan setelah menikah saya mendapati semacam gondok di leher saya padahal saya sedang melakukan program kehamilan. Pada kasus saya yang mengalami gondok ini apakah bisa mempengaruhi kesuburan wanita? Memang haid saya agak berantakan semenjak ada gondok ini dok. Terima kasih sebelumnya.
23323 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat sore, A.Terimakasih atas pertanyaan Anda. Penyakit gondok atau penyakit hipertiroidisme adalah penyakit akibat kadar hormon tiroid yang tinggi di dalam tubuh seseorang sehingga menyebabkan kelenjar tiroid membesar. Gejala dari penyakit gondok adalah jantung berdebar, tremor, gelisah, mudah marah, sulit tidur, diare, konsentrasi yang menurun, gangguan menstruasi, dan juga rambut rontok. Penyebab dari penyakit gondok adalah akibat dari kekurangan yodium, makanan, penyakit graves, penyakit hashimoto, kanker tiroid, kehamilan, merokok. Faktor risiko yang bisa menyebabkan penyakit gondok adalah usia diatas 40 tahun, berjenis kelamin wanita, mengonsumsi obat lithium, pernah menjalani radioterapi pada area leher, penyakit autoimun atau riwayat keluarga dengan autoimun, sedang masa puber atau menopause.

Penyakit gondok biasanya diobati dengan:

  • Obat-obatan: obat-obatan tersebut terdiri dari levotiroksin, methimazole, propylthiouracil.
  • Terapi iodium radioaktif atau nuklir tiroid: terapi ini bertujuan menyusutkan kelenjar tiroid dan menghancurkan sel tiroid sehingga hormon tiroid yang dihasilkan ikut menurun. Ketika mengonsumsi obat ini, pasien diharapkan menjauh dari anak-anak dan ibu hamil untuk mencegah penyebaran radiasi. Pasien juga dilarang untuk hamil selama 6 bulan bila mengonsumsi ini.
  • Operasi: operasi pengangkatan kelenjar tiroid atau tiroidektomi ini dilakukan bila ukuran gondok sudah membesar sehingga membuat pasien kesulitan bernapas dan menelan.
Penyakit gondok mempengaruhi menstruasi. Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa salah satu gejala dari penyakit gondok adalah gangguan menstruasi. Jadi, sangat wajar jika Anda mengalami siklus menstruasi yang berantakan dan itu juga jadi berpengaruh terhadap kesuburan Anda. Untuk itu, saya sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat diperiksa lebih lanjut dan Anda memperoleh penanganan yang tepat.Salam sehat,dr. Ester
kelenjar tiroidhormon tiroidhipertiroidisme
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil